MENU
icon label
image label
blacklogo

Balapan, Cara Hyundai Menguji Performa Mobilnya

FEB 20, 2021@08:00 WIB | 317 Views

Hyundai Motorsport akan segera berpartisipasi dalam kejuaraan mobil touring listrik, PURE ETCR, yang akan dimulai akhir tahun ini. PURE ETCR menetapkan tolok ukur untuk balap listrik di seluruh dunia dan mempercepat transisi ke mobilitas bebas emisi. Keterlibatan Hyundai menandai langkah terbaru dalam upaya perusahaan membuat olahraga motor lebih ramah lingkungan. 

Hyundai Motorsport akan bersaing dalam PURE ETCR dengan mobil touring berperforma tinggi bertenaga listrik baru, Veloster N ETCR. Ini menandai era baru yang menarik bagi Hyundai, yang akan melihat balapan mobil listrik menjadi salah satu pilar perusahaan. Di samping strategi listiriknya, Hyundai juga menggunakan bahan bakar sel untuk mengembangkan generator hidrogennya. Generator ini akan dapat mengisi daya mobil listrik dengan mengubah hidrogen hijau menjadi tenaga pengisian.

Bagi Hyundai, motorsport merupakan bidang di mana perusahaan dapat bereksperimen dengan teknologi baru, yang kemudian dapat menginformasikan perkembangan mobil produksinya. Transfer pengetahuan antara Hyundai Motorsport dan merek Hyundai N sejauh ini telah terbukti berhasil, dengan kesuksesan di kejuaraan WRC dan TCR serta mobil jalanan yang diterima dengan baik seperti i20 N.

“Hyundai melakukan upaya besar untuk mengembangkan mobilitas berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik, dan motorsport tidak dikecualikan dari tujuan ini. Itulah mengapa kami sangat senang memiliki kesempatan untuk membangun kesuksesan WRC dan TCR kami sebagai bagian dari PURE ETCR mendatang, ”kata Andrea Adamo, Kepala Tim Hyundai Motorsport. 

Motorsport adalah perpanjangan dari pilar "performa" Hyundai. Meski menjadi pemain baru di bidang ini, perusahaan telah membuat tanda-tandanya. Tim Hyundai Motorsport dibentuk pada tahun 2012, mengawasi pendirian fasilitas Alzenau dan pengembangan mobil reli pertamanya, i20 WRC. Hyundai Motorsport memasuki Kejuaraan Reli Dunia FIA untuk pertama kalinya pada tahun 2014. 

Veloster N ETCR - Kendaraan Listrik Performa Tinggi Pertama Dari Hyundai

Menjelang kejuaraan PURE ETCR, para insinyur Hyundai Motorsport merancang dan membangun kendaraan Hi Performance listrik pertama perusahaan, Veloster N ETCR, di kantor pusatnya di Alzenau, Jerman. Seperti i30 N TCR dan i20 N Rally2, ini didasarkan pada versi modifikasi tinggi dari mobil Hyundai N lainnya, model Veloster N. Amerika Utara.

Pengujian pada Veloster N ETCR dimulai dengan desain prototipe pada September 2019, yang terus dikembangkan tim sepanjang tahun 2020. Ini adalah mobil touring berpenggerak roda belakang tanpa emisi dengan motor yang dipasang di tengah dan dirancang khusus untuk regulasi ETCR. Dilengkapi dengan baterai 798 volt dari Williams Advanced Engineering yang terletak di lantai mobil dan suspensi belakang double wishbone, sasis ini sangat berbeda dari proyek Hyundai Motorsport sebelumnya. Output daya puncak mencapai 500 kW (setara dengan 680 PS) dan daya berkelanjutan 300 kW. Mesin Veloster N ETCR terdiri dari empat motor - dua per roda - yang terhubung ke gearbox rasio roda gigi tunggal.[prm/timBX]


 

Tags :

#
autosport,
#
hyundai,
#
hyundai veloster n etcr