MENU
icon label
image label
blacklogo

Baidu Bakal Bangun Kendaraan Listrik Sendiri?

DEC 22, 2020@06:00 WIB | 350 Views

Baidu, raksasasa mesin pencari dari China dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk membuat kendaraan listriknya sendiri. Baidu bahkan telah melakukan pembicaraan dengan produsen mobil perihal kemungkinan tersebut. Kabar ini diungkapkan oleh tiga orang yang mengetahui rencana Baidu—langkah anyar dalam persaingan antar perusahaan teknologi dalam pengembangan mobil pintar.

Salah serang sumber menyampaikan bahwa, Baidu yang sebelumnya telah mengembangkan teknologi penggerak otonom dan infrastruktur konektivitas internet, sedang mempertimbangkan pembuatan kontrak atau membuat usaha yang dimiliki mayoritas dengan sebuah produsen mobil.

Menurut sumber, seperti dilansir Reuters, Inisiatif ini akan menjadi langkah maju dari rekan-rekan internet seperti Tencent, Amazon dan Alphabet, yang juga telah mengembangkan teknologi terkait mobil atau berinvestasi di perusahaan rintisan mobil pintar.

“Baidu pun telah mengadakan pembicaraan awal - tanpa mencapai keputusan apa pun - dengan pembuat mobil termasuk Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd, Guangzhou Automobile Group Co Ltd (GAC) dan Hongqi China FAW Group Corp Ltd, tentang kemungkinan usaha,” kata para sumber yang menolak disebutkan namanya karena pembicaraan itu bersifat pribadi.

Dimintai konfirmasi terkait rencana pengembangan kendaraan listri, Baidu menolak berkomentar. GAC mengatakan pihaknya memiliki kemitraan strategis dengan Baidu dan bahwa kerjasama lebih lanjut akan dibahas. Geely mengaku tidak paham dengan masalah tersebut. FAW tidak menanggapi permintaan komentar.

Yang pasti, pada tahun 2012 lalu, Baidu mendirikan unit penggerak otonom Apollo. Unit ini terutama memasok teknologi yang didukung oleh kecerdasan buatan dan bekerja dengan pembuat mobil seperti Geely, Volkswagen AG, Toyota Motor Corp dan Ford Motor Co.

Baidu mengoperasikan layanan taksi otonom Go Robotaxi dengan pengemudi keselamatan di dalamnya di Beijing, Changsha, dan Cangzhou, dan berencana untuk memperluas ke 30 kota dalam tiga tahun. Ia memperoleh persetujuan pekan lalu untuk menguji lima mobil di Beijing tanpa pengemudi keselamatan.

Pembicaraannya tentang manufaktur terjadi setelah Didi Chuxing bulan lalu meluncurkan van yang dibuat khusus untuk layanan tumpangan dengan produsen mobil BYD Co Ltd. Sementara itu, raksasa teknologi Sony Corp pada Januari meluncurkan mobil konsep listrik dengan fungsi self-driving.

Membangun mobil akan merepresentasikan perkembangan dramatis dalam upaya Baidu untuk mendiversifikasi aliran pendapatan karena pertumbuhan yang tinggi dalam bisnis pencarian intinya, di mana pendapatan tumbuh hanya dua persen tahun lalu. [asl/timBX]

Tags :

#
baidu,
#
mobil listrik,
#
kendaraan listrik,
#
mobil otonom