MENU
icon label
image label
blacklogo

Bagi yang Mahir Drifting, Coba Sensasi Drift Stick yang Lebih Modern

NOV 05, 2017@17:00 WIB | 2,008 Views

Ford meluncurkan part khusus untuk aksi drift. Drift Stick, sebuah electronic handbrake yang membuat drifting lebih mudah.  Ford mengklaim stick tersebut yang pertama dibuat, dan mendukung kemampuan Focus RS Hatchback yang mengadopsi all wheel drive. Seri terbaru Ford Focus tersebut telah memiliki mode drift, dan drift stick merupakan penyempurna dari mobil Amerika ini.

Pada aturan konvensional, mobil drift biasa digunakan untuk mobil dengan rear wheel drive. Aturan konvensional itu dilanggar sendiri oleh Ford dengan kehadiran Focus RS Hatchback. Mode mengemudi drift ditambahkan dengan aksesoris drift stick memberikan sentuhan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Drift Stick dioperasikan dengan menggunakan tuas, layaknya seperti rem tangan konvensional, namun tidak memiliki sambungan secara fisik ke roda. Sebaliknya, sistemnya bekerja secara elektronik mengendalikan anti-lock brakes dan all-wheel drive. Dengan menarik tuas, akan terkirimkan sinyal untuk membuka cengkeraman di rear differential dan mengunci roda belakang, membuat sensasi slide menjadi mudah.

Sedangkan handbrake tetap penting kepentingan drifting dan rally. Dengan menariknya, memungkinkan pengemudi dengan cepat mengunci roda belakang dan menggoyang bagian buritan. Konsekuensinya, rem tangan hidrolik, telah menjadi perlengkapan drift dan rally. Meski mereka telah familier dengan tools yang ada,mereka kesulitan dalam menyetingnya, karena memerlukan hidrolik silinder master dan brake line, seperti rem mobil pada umumnya.

Nah dengan drift stick, dirancang memberikan efek serupa pada rem tangan hidrolik, namun dengan setup plug and play. Kesannya lebih modern kan? Bila memasang rem tangan hidrolik memerlukan pemotongan dan pengelasan, tuas almunium milik drift stick cukup hanya dengan menempelkan pada center console. Kemudian dihubungkan Controller Area Network (CAN) bus dengan menggunakan konektor USB.

Sebenarnya, pihak Ford sendiri ingin melihat bagaimana owner Focus RS Hatchback  bisa menggunkaan drift stick saat menyetir menggunakan mode drift.  Bayangkan buritan tergelincir dengan kondisi ban depan tetap memutar. Namun sebenarnya keduanya akan berfungsi sesuai tingkat kemahiran pengemudi.  Jadi jangan heran jika Ford Focus RS gagal dalam penjualan, karena rada aneh bagi orang awam.

Solusinya, Ford Performance mengatakan instalasi drift stick tidak menggugurkan garansi pabrik. Meski Ford tetap menganjurkan driver untuk melakukan drift ditempat khusus. Jika Anda ingin rasakan sensasi menggunakan drift stick, bisa dipesan dengan USD999 sekitar Rp13,5 jutaan saja. Berani coba Black Pals? [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
drift stick,
#
ford focus rs hatchback,
#
drifting experience