MENU
icon label
image label
blacklogo

Bagaimana Volvo Menjadikan Kendaraan Lebih Aman Dengan Teknologi Game

NOV 28, 2020@12:00 WIB | 254 Views

Pabrikan otomotif Swedia ini menjadi yang terdepan dalam keselamatan kendaraan selama beberapa dekade. Kini inovasi terbarunya menggunakan teknologi game terbaru untuk mengembangkan dan menguji fitur keselamatan mutakhir.

Sejak Nils Bohlin memperkenalkan sabuk pengaman tiga titik tahun 1959 yang menjadi fitur standar pada semua mobil modern dan membantu menyelamatkan nyawa yang tak terhitung jumlahnya, menjadikan Volvo identik dengan ‘keselamatan’.

Perusahaan menyadari saat mengembangkan teknologi otonom baru dan fitur keselamatan seperti menghindari tabrakan, penting mencakup semua kemungkinan skenario yang mungkin dihadapi pengemudi di jalanan. Untuk melakukannya, para insinyur pembuat mobil memakai apa yang mereka sebut "simulator mengemudi terbaik", sebuah penyiapan yang akan membuat para gamer hardcore iri.

Ini fitur kursi mengemudi yang bergerak, roda kemudi dengan umpan balik haptik yang ditingkatkan, headset VR Edisi Pengembang XR-1 inovatif yang disediakan oleh pakar Finlandia, Varjo, dan Teslasuit seluruh tubuh yang juga memberikan umpan balik haptik yang akurat.

Akurasi perangkat lunak 3D disediakan oleh Unity Technologies, perusahaan di balik platform pengembangan permainan video paling populer di dunia. Ini memungkinkan pengembang Volvo untuk menciptakan lingkungan virtual, pola cuaca, dan objek yang sangat realistis atau menampilkan rendering 3D kendaraan Volvo yang sepenuhnya akurat ke dunia simulasi.

Pemimpin Senior User Experience di Open Innovation Arena Volvo—rumah simulator lanjutan ini,  Casper Wickman, menyambahkan bahwa, “Bekerja sama dengan perusahaan besar seperti Varjo, Unity, dan Teslasuit memungkinkan kami menguji begitu banyak skenario yang terlihat dan terasa benar-benar nyata, tanpa harus membangun apa pun secara fisik.”

Dalam contoh yang dipamerkan pada acara live streaming yang didedikasikan untuk inovasi keselamatan, para insinyur mengembangkan skenario virtual di mana seekor rusa besar melintasi jalan dalam kondisi jarak pandang rendah, di depan mobil uji Volvo yang melaju kencang.

Simulator memungkinkan dengan mudah menguji bagaimana mobil dan pengemudi akan bereaksi. Skenario ini dapat dibuat ulang berkali-kali, dengan parameter yang sedikit dimodifikasi seperti kecepatan, jarak antar kendaraan, dan kondisi cuaca. Rusa besar dapat digantikan oleh benda apa pun yang dapat ditemui di kehidupan nyata.

Sensor, radar, dan fitur bantuan pengemudi apa pun dapat diuji di dunia virtual yang aman, dan telemetri yang akurat dapat ditransfer ke unit produksi yang digunakan pada kendaraan Volvo.

Simulator inovatif ini juga digunakan untuk menguji interaksi pengguna dengan bantuan mengemudi otomatis, terutama bagaimana pengemudi mengambil kembali kendali dari sistem tanpa menimbulkan tekanan yang tidak perlu ke dalam proses ini. Contoh paling relevan adalah saat kendaraan dikendarai di jalan raya, dan pengemudi menggunakan fungsi cruise control adaptif.

Mobil akan mengambil kendali mengemudi, memungkinkan pengemudi untuk terlibat dalam aktivitas lain seperti mengagumi pemandangan, membaca email, atau menelusuri playlist di layar infotainment.

Insinyur sekarang dapat mensimulasikan berbagai metode peringatan yang mencakup umpan balik suara, kinetik, dan haptik. Contohnya termasuk sedikit penarikan sabuk pengaman atau getaran di kursi yang memberi tahu pengemudi bahwa skenario yang membutuhkan perhatian penuh sedang berkembang dan dia harus siap untuk mengambil alih kendali kendaraan.

Menggunakan teknologi mutakhir ini membuka kemungkinan tak terbatas yang akan digunakan para insinyur Volvo untuk meningkatkan keselamatan kendaraan perusahaan secara eksponensial. Setelah membawa sabuk pengaman tiga titik, kursi anak menghadap ke belakang, dan kantung udara depan dan belakang diharap dapat melihat inovasi keselamatan lain yang diperkenalkan Volvo di masa depan. [asl/timBX]

Tags :

#
volvo,
#
teknologi volvo,
#
teknologi game,
#
inovasi volvo