MENU
icon label
image label
blacklogo

Awas Tertipu! VW T3 Ini Ternyata Bermesin Porsche Carrera

NOV 14, 2022@18:00 WIB | 1,096 Views

Cukup sulit untuk menerka kenapa VW T3 bekas ini diberi label € 364,900 (Rp 5,85 miliar). Ternyata mobil ini bukanlah jenis transporter biasa, karena di bawah kulit sebenarnya tersembunyi Porsche yang cukup langka.

Kisah van ini dimulai pada tahun 1985, ketika para insinyur Porsche membutuhkan cara cepat untuk mengangkut suku cadang untuk mobil reli Porsche 959 selama musim Paris-Dakar. VW T3 dianggap tidak kompeten untuk mengikuti reli yang mengharuskan melaju dengan kecepatan tinggi, itulah sebabnya mereka melakukan serangkaian modifikasi.

Yang paling penting dari modifikasi gila ini adalah penambahan mesin enam silinder yang dipasang di bagian belakang yang bersumber dari Porsche 911 3.2 Carrera, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 228 hp (170 kW/231 PS) dan memungkinkan mencapai kecepatan tertinggi sekitar 185 km/jam.

Tenaga ditransmisikan ke gandar belakang melalui gearbox Porsche, sementara penyesuaian juga dilakukan pada suspensi baru dan rem, menggantinya dengan yang lebih kuat.

Secara visual, model B32 ini dibedakan oleh skirt depan dan belakang, satu set roda Fuchs 16 inci, ventilasi samping ekstra untuk pendinginan mesin, dan knalpot yang lebih besar.

Interiornya dilapisi kulit, meskipun sorotannya adalah logo Porsche di roda kemudi dan pengukur tambahan di ujung bawah konsol tengah.

Dipercaya bahwa hanya ada tujuh contoh VW T3 B32 seperti ini yang dibuat di bengkel Welcherath Porsche. Van yang ditawarkan untuk dijual oleh Porsche Classic Centre Gelderland di Belanda adalah contoh asli yang dibuat khusus untuk Peter W. Schutz yang merupakan CEO Porsche saat itu, ini membuatnya jauh lebih berharga.

Menurut daftar, van tersebut memiliki VIN Porsche dan diklasifikasikan sebagai kendaraan Porsche di surat kendaraan Jermannya. Van ini diproduksi pada tahun 1985, tetapi pertama kali didaftarkan pada Juli 1988 dan memiliki pembacaan odometer sekitar 130.770 km (81.257 mil).

Terlepas dari usianya, T3 B32 tetap dalam kondisi baik secara keseluruhan, meskipun cat khusus "Pearl Mutter" membutuhkan sedikit perawatan, pipa knalpot berkarat, dan panel pintu depan perlu dilapisi ulang.

Banderol harga €364.900 (Rp5,85 miliar) untuk edisi khusus minivan VW berbasis LCV bekas memang terdengar agak berlebihan, tetapi tetap saja ini adalah salah satu mobil paling unik dan langka yang pernah diproduksi Porsche

Sebagai perbandingan, Porsche 911 GT3 RS Tribute to Carrera RS Package dijual seharga $312.550 (Rp4,85 miliar). Bagaimanapun, kolektor Porsche mungkin menghargai kelangkaan karya ini karena memiliki varian pabrikan tercepat dari VW T3. [ibd/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
volkswagen,
#
porsche,
#
vw,
#
vw t3,
#
porsche carrera