MENU
icon label
image label
blacklogo

Australia Kini Memulai Proyek Mobil Listrik Lokal

JUN 16, 2020@17:00 WIB | 484 Views

Start up asal Australia, H2X kini merencanakan kendaraan bahan bakar sel yang diproduksi secara lokal. Kendaraan pertama dari perusahaan asal New South Wales tersebut adalah SUV bertenaga sel hidrogen yang disebut Snowy, yang akan diluncurkan pada tahun 2022.

H2X juga tengah merancang kendaraan bertenaga hidrogen lainnya seperti khusus taksi dan traktor. Pada tahun 2025 mendatang, H2X akan menambah karyawan sebanyak 5.000 orang dan memproduksi 20.000 hingga 25.000 kendaraan. Untuk tahun pertama saja, perusahaan Australian tersebut menargetkan  3.700 unit diproduksi.

H2X merupakan perusahaan besutan Elvin Group dan Denzo Limited. Elvin sendiri merupakan perusahaan beton terbesar di Australia, sedangkan Denzo Limited adalah perusahaan yang terlibat dalam proyek energi dan hidrogen.

Sebagai pucuk pimpinan, H2X kini dikendalikan oleh Brendan Norman, yang sudah berpengalaman di duni otomotif. Sebut saja Audi, VW bahkan BMW. Kemudian Peter Zienau, yang bertanggung jawab atas pengembangan powertrain, yang sebelumnya pernah bekerja di GM dan Saab, sementara CTO dipegang oleh Ian Thompson yang berpengalaman di Lotus, Volvo, Opel, Aston Martin dan Tesla.

Menariknya, lokasi pabrik yang dibangun di Port Kembla, New South Wales ini, dekat dengan fasilitas pelabuhan yang bisa melakukan pengiriman unit atau sebagai loading port bagi pemasok lokal.

"Kami sudah memiliki dana besar untuk mengembangkan kendaraan ini. Dengan pengembangan banyak proyek energi hijau di Australia saat ini, kami memiliki peluang unik untuk membawa operasi manufaktur yang signifikan kembali ke Australia," kata Norman . 

H2X mengatakan bahwa pada awalnya, 80 persen dari kendaraan akan diproduksi di Australia. Sisanya 20 persen akan dibuat dengan teknologi Jerman, seperti bahan bakar sel akan dipasok oleh ElringKlinger dan sasis sendiri akan dirakit pemasok lainnya dari Asia.

Spesifikasi teknis untuk Snowy seperti menggunakan motor listrik 190 kW di gandar depan dan dapat berakselerasi hingga 100 km / jam dalam 6,9 detik. Bahan bakar sel dari ElringKlinger menambah tenaganya hingga 60 kW dan ditenagai oleh tangki hidrogen dengan kapasitas 5 kilogram. Selain itu, jangkauan jarak berkendara diketahui lebih kurang hingga 650 kilometer. Selain itu, H2X Snowy akan dilengkapi dengan super kapasitor yang disediakan oleh Skeleton Tech. Super kapasitor akan digunakan untuk penyimpanan energi lebih efisien yang diperoleh selama pengereman.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
australia kini memulai proyek mobil listrik lokal,
#
h2x,
#
bahan bakar sel,
#
mobil listrik