MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi RS E-Tron GT Tawarkan Akselerasi dan Kenyamanan Tinggi

NOV 09, 2020@15:30 WIB | 218 Views

Menyusul para produsen mobil lainnya, Audi juga merilis model mobil elektrik pertama dengan tampilan futuristik dan mesin agresif. Dijuluki Audi RS E-Tron GT, mobil ini dirancang untuk menjadi lebih dari sekedar Porsche Taycan, mobil elektrik baru Audi yang dikembangkan dengan segudang harapan. Meskipun ini akan menjadi sedan berorientasi keluarga, video yang beredar menunjukkan bahwa RS E-Tron GT akan sangat cepat.

Audi Sport telah merilis detail segar dan mengungkapkan bahwa model RS listrik murni pertama ini dirancang untuk memadukan tingkat akselerasi supercar dengan kenyamanan sehari-hari. Purwarupa mobil langsung menarik perhatian, mengindikasikan produksinya hampir berada di titik akhir. Ini artinya Audi siap meluncurkan Audi RS E-Tron GT miliknya pada awal tahun depan.

Berkaca dari pendahulu R8 E-Tron, model baru RS-E Tron GT datang dengan sejumlah peningkatan yang tak main-main. Bila mobil sebelumnya melaju dari 0 hingga 60 km/jam dalam waktu 3,9 detik, maka RS E-Tron GT hanya membutuhkan 2,88 detik saja. Itu artinya mobil melaju dengan kecepatan 161 km/jam dalam waktu 6,86 detik dan bisa menempuh jarak setengah mil hanya dalam 10 detik saja. Mengesankan, bukan?

Dalam presentasi eksklusif kepada jurnalis Australia, chief engineer RS E-Tron GT, Dennis Schmitz, menjelaskan tantangan terbesar Audi mengembangkan model ini. Itu adalah menemukan keseimbangan tepat antara menawarkan kinerja luar biasa yang dibutuhkan RS dengan kegunaan sehari-hari, tanpa menghilangkan jarak. Ini bisa melakukan perjalanan top-up.

Fitur ini jelas membuat RS-E Tron GT lebih unggul dari Porsche Taycan, seperti yang diharapkan Schmitz. Itu karena mobil dilengkapi suspensi depan double wish-bone yang mahal dan roda belakang multilink yang kompleks. Terdapat suspensi udara tiga ruang yang tidak hanya memvariasikan kecepatan pegas tetapi juga berpengaruh pada kecepatan tinggi.

Hal lain yang bisa dimainkan oleh Audi Sport adalah kontrol pengendaraan aktif yang mengurangi kemiringan tubuh saat menikung. Termasuk kehadiran vektor torsi pada poros belakang dan sistem kemudi belakang, yang dapat meningkatkan kelincahan dan stabilitas.

Hasilnya kata Schmitz adalah, “mobil super sporty, tapi juga mobil yang bisa Anda gunakan untuk perjalanan jarak jauh.”

Mobil mendatang dilengkapi dengan pelek 21 inci aero-tuned yang akan meningkatkan jangkauan dan satu set pelek super 19 inci yang membantu pergerakan sudut. Meski belum ada informasi resmi, RS E-Tron GT diharapkan dapat menempuh sekitar 450 km dengan muatan penuh.

Rumor mengatakan Audi merencanakan RS E-Tron GT dengan tiga mesin. Meskipun ia akan memiliki ketukan yang lebih sedikit dari Taycan Turbo S, kinerjanya harus mendekati EV seri teratas milik Porsche. Untuk bisa memilikinya Anda harus bersabar, karena RS E-Tron GT reguler akan dijual di Amerika Serikat pada paruh kedua tahun 2021. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
audi rs e-tron gt,
#
audi,
#
rs e-tron gt,
#
mobil elektrik,
#
porsche taycan