MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi RS 6 Avant 2020, Dengan Mid Hybrid, V8 Twin Turbo 600 hp

AUG 23, 2019@20:00 WIB | 318 Views

Tampilan bengis  Audi RS 6 muncul pertama kali secara online, dan dengan desain wagon yang cukup bengis, mengalahkan sosok sedan sekalipun. Dan aneh bila sampai saat ini Mark Dahncke sebagai jurubicara Audi belum punya kepastian kapan model ini bakal meluncur di Amerika Serikat.

Mengusung performance mesin mid hybrid, dengan tenaga hampir 600 hp, didistribusikan melalui 4 roda alias four wheel drive. Spek wagon membawa ruang kargo sebesar 566 liter, siap membawa keluarga ke destinasi dengan lebih cepat dan nyaman.

RS 6 Avant telah menjadi generasi ke 8 dari varian A6 wagon. Lebih dikenal sebagai C8, namun  memiliki pintu depan, roof dan tailgate. Seperti halnya A6 Avant,  atap dari RS 6 Avant memiliki kesan slightly rake dari generasi sebelumnya. Dan tampilan ini yang tidak bisa ditandingi oleh generasi sedan. 

Mengusung gaya stance, RS 6 Avant punya komposisi 1,6 inci lebih lebar dari generasi standar Avant. Berkat fender yang lebar, bisa dikombinasikan dengan velg 21 atau 22 inci. RS6 mengadopsi lampu A7, dengan tampilan lebih lebar dan rata agar terlihat benar-benar beda dari A6 lainnya.

Front bonnet mengadopsi intake yang lebar di sisi fender depan, untuk asupan oksigen yang lebih besar ke intercooler. Pilar samping dibuat lebih rendah, sedangkan hatchback dilengkapi dengan spoiler dibagian atap, bumber belakang dan diffuser khusus RS serta knalpot ganda bergaya RS.

Sektor powertrain menggunakan mesin V8 Twin Turbo 4.0 liter mengirimkan tenaga 592 hp dan torsi 800 Nm.  Tenaganya didistribusikan melalui transmisi 8 percepatan. Mid Hybridnya didukung dari alternator belt berkekuatan 48 volt, menghasilkan 12 kw dan disalurkan melalui baterai lithium ion, dan dapat melakukan pengereman regeneratif dari kecepatan 53 km dan 159 km. Sedangkan sistem hybrid bekerja pada kecepatan 22 kpj. 

Akselerasinya dari diam ke 100 kpj cukup 3,6 detik, sedangkan untuk mencapai 200 kpj cukup 12 detik.  Kecepatan tertingginya  diangka 255 kpj pada mode biasa. Sedangkan untuk mode Dynamic bisa mencapai 280 kpj,  dan untuk mode dynamic plus bisa mencapai 305 kpj.


Suspensinya telah mengadopsi RS sport suspension, dengan per baja yang dapat disetel hingga 3 tingkat kekerasan atau yang dikenals sebagai Dynamic Ride Control.  Sementara posisi RS6 Avant lebih rendah 0,8 inci dari A6 Avant standar.  Secara otomatis akan turun 0,4 inci pada kecepatan  120 kpj, dan dapat terangkat 0,8 inci saat memasuki kecepatan rendah atau dalam posisi parkir.

Sedangkan driving mode terbagi menjadi 6, comfort, Auto, dynamic, efficiency dan individually. Mode terakhir adalah RS1 dan RS2 yang dapat  diaktifkan melalui RS mode di setir.

Secara total akan tersedia dalam 13 warna termasuk Nardo Grya, Sebring Black serta five matte. Warna spion bisa dipesan dengan warna hitam, termasuk warna body yang bisa dipilih untuk warna matte alumunium.  Audi RS6 Avant baru dijual di kuartal pertama 2020 di Jerman. [Ahs/timBX]
 
 

Tags :

#
audi,
#
audi wagon,
#
audi rs 6 avant,
#
audi mid hybrid,
#
audi v8