MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Stop Produksi Q8 E-Tron dan Tutup Pabrik di Brussels

JUL 10, 2024@17:05 WIB | 175 Views

Jenama asal Jerman, Audi, memberikan kabar buruk yakni akan menghentikan produksi dari model Q8 E-Tron Q8 Sportback E-Tron lebih cepat. Dan, imbas dari penghentian tersebut adalah Audi harus menutup pabrik tempat produksinya yang berada di Brussels, Belgia.

Kabar ini sangat mengejutkan dan sekaligus menyedihkan karena model tersebut adalah satu dari sekian mobil pertama bertenaga listrik pabrikan. Sedikit flashback, SUV mewah ini memiliki nama awal E-Tron Quattro dan berganti nama  menjadi Q8 E-Tron ketika facelift di 2022.

Audi menyebutkan alasan untuk mematikan jajaran Q8 E-Tron yaitu penurunan permintaan yang sangat drastis yang disebabkan persaingan sengit di era elektrifikasi kendaraan. Selain faktor eksternal, ada juga faktor internalnya yaitu kanibalisasi penjualan dari model-model baru.

Seperti diketahui, Audi telah merilis sejumlah EV baru dan salah satunya adalah Q6 E-Tron. Dan, model tersebut lebih murah, lebih modern, dan menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh daripada Q8 E-Tron sehingga lebih dipilih oleh konsumen.

Imbas dari penghentian model Q8 E-Tron ternyata sangat besar sehingga Audi berencana untuk menutup pabriknya di Brussels. Masa hanya gara-gara satu model harus menutup pabrik? Pertanyaan itu dijawab langsung oleh pihak Audi yang menyebutkan pabrik tersebut sama seperti produknya yaitu sudah ketinggalan jaman.

Mungkin Blackpals ada yang menyarankan untuk melakukan revitalisasi pabrik. Tapi, lagi-lagi pihak Audi menjawab bahwa tata letak pabrik yang sulit diubah karena dekat dengan pusat kota.

Biaya revitalisasi dan logistik perbaikan diungkap Audi ternyata jauh lebih mahal daripada membuka pabrik di luar negeri. Oleh sebab itu perusahaan telah mengincar beberapa lokasi pabrik baru yang berada di negara Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Asia yang memiliki biaya yang lebih murah.

Sejauh ini baru Meksiko yang disebut dalam diskusi internal perusahaan. Di Meksiko, tepatnya di San Jose Chiapa, Audi memiliki pabrik tempat merakit model Q5 yang bisa direvitalisasi menjadi tempat produksi next-gen Q8 E-Tron. [wic/timBX].

Tags :

#
audi,
#
q8 e-tron,
#
audi q8,
#
pabrik brussels

X