MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Ciptakan Kaca Depan yang Bisa Berubah Menjadi TV Raksasa

OCT 21, 2021@17:00 WIB | 276 Views

Teknologi benar-benar berkembang pesat dan itu juga mempengaruhi pada dunia otomotif.

Jika membahas teknologi di dunia otomotif, di masa lalu terdapat beberapa contoh seperti falcon doors milik BMW, lampu depan Ford yang dapat disesuaikan dan bahkan metode mengubah warna mobil dengan cepat seperti yang dibuat oleh Audi. 

Dan produsen mobil yang terakhir tampaknya selalu mencari inovasi, dan kreasi terbarunya adalah sesuatu yang istimewa. Sama seperti dalam film fiksi ilmiah di mana gambar dapat diproyeksikan ke permukaan kaca, Audi telah menciptakan cara untuk mengubah kaca depan mobilnya menjadi bioskop.

Audi menjelaskan penemuan ini sebagai: "Permukaan tampilan dari elemen layar bercahaya sendiri dibagi menjadi area tampilan pertama dan kedua oleh area lengkungan. Unit pelindung selektif mentransmisikan cahaya dari elemen layar sepanjang arah yang diinginkan dan memblokir cahaya di sepanjang pemblokiran arah dan/atau membelokkan cahaya dari arah pemblokiran. 

“Saat dipasang di kendaraan bermotor, perangkat tampilan menghadap area permukaan pada jarak dari elemen layar di mana pantulan konten tampilan yang ditampilkan pada area tampilan kedua terlihat dari titik pandang yang telah ditentukan. Dalam hal ini, arah yang lebih disukai dari unit pelindung selektif di wilayah tampilan kedua diorientasikan ke wilayah permukaan, dan arah pemblokiran di wilayah tampilan kedua diorientasikan ke titik pandang yang telah ditentukan sebelumnya."

Segalanya tampak cukup rumit, tetapi pada dasarnya berarti bahwa sistem dapat memproyeksikan gambar ke layar melalui bilah lampu yang berfungsi sebagai pemancar cahaya ke layer untuk melihat gambar dan sebagai penghalang cahaya yang tidak diinginkan dari belakang ‘gambar’ holografik yang bisa mendistorsinya. 

Hal itu menyiratkan bahwa layar dapat terlihat bahkan di siang hari. Layar dapat digunakan untuk ‘fungsi hiburan dan informasi pengoperasian kendaraan bermotor’. Pengarsipan menunjukkan bahwa filter polarisasi dapat mencegah efek yang disebut gambar ganda dan juga menunjukkan bahwa sistem dapat memproyeksikan berbagai versi gambar yang sama sehingga pengemudi dapat melihat gambar yang jelas terlepas dari sudut pandang layer pengguna.

Layar self-luminous ini ditekuk atau dilipat pada sudut kurang dari 180 derajat untuk satu sudut pandang dan di atas angka tersebut untuk sudut lainnya. Dari sudut mana pun pengemudi melihat, unit pelindung dapat menghalangi cahaya. 

Dan mungkin artinya ini adalah bahwa pengemudi dapat memiliki versi yang jauh lebih maju dari tampilan head-up khas saat ini sementara penumpang dapat menonton film atau media lain di layar penuh. 

Posisi penonton di dalam mobil akan menentukan apa yang dilihat orang itu, jadi baik pengemudi maupun penumpang tidak terganggu oleh apa yang dilihat orang lain. Ini bisa membuat perjalanan jauh lebih menyenangkan bagi penumpang dan jauh lebih informatif bagi pengemudi. 

Ketika kendaraan otonom tiba, seperti yang digambarkan oleh orang-orang seperti konsep Grandsphere Audi, semua penumpang dapat memanfaatkan hiburan dalam mobil dalam skala yang sebelumnya tidak terlihat.[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
audi,
#
windshield