MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Batal Sematkan Sistem Otonom Level 3 Untuk A8 di Amerika Serikat

APR 30, 2020@10:30 WIB | 112 Views

Audi dikabarkan batal menyematkan sistem assist otonom level 3 untuk A8. Alasannya adalah sistem ini sudah ketinggalan zaman untuk dimasukkan di Audi A8, sementara tahun depan sedan ini akan mendapatkan penyegaran kembali.

“Sekarang sudah terlambat untuk menambahkan sistem ke A8 generasi saat ini, karena mobil sudah memasuki model terbaru nantinya,’’ jelas Hans-Joachim Rothenpieler, Kepala Pengembangan Teknis Audi

Traffic Jam Pilot atau sistem otonom level 3 merupakan sistem pengemudi mandiri riset Audi, namun belum 100% terlepas dari pantauan pengemudi sendiri, jika di Amerika Serikat. Namun jika di Eropa, fungsi pengemudi bisa digantikan oleh sistem otonom level 3 ini.

Traffic Jam Pilot dibuat agar secara otomatis dapat mengarahkan, mempercepat, dan mengerem di jalan tol. Audi sendiri mengatakan bahwa sistem ini bisa aktif di jalan raya, jalanan dengan lampu lalu lintas dengan kecepatan 60 km/jam, dengan catatan jika regulasi sistem ini diterima.

Sistem ini lebih dini keluar di tahun 2017 lalu namun masih minim keamanan otonomnya. Untuk menggunakan teknologi ini sendiri Audi bahkan menunggu persetujuan tiap Negara, lalu menjual mobil ini di Negara yang sudah memberikan regulasi teknologi driving assist.

Pengemudi juga diharuskan untuk waspada selalu untuk mengemudi seperti semula jika peringatan aktif. Risiko penyalahgunaan menjadi kekhawatiran Audi sampai saat ini, lantaran perjanjian Audi mengatakan kalau pengemudi menggunakan Traffic Jam Pilot dan kemudian memiliki potensi penyalahgunaan dan mengakibatkan kecelakaan, Audi lah yang bertanggung jawab akan hal tersebut.

Audi sendiri akhirnya menolak memberikan Traffic Jam Pilot Level 3 di AS, lantaran infrastruktur di negeri paman sam tersebut belum siap. Saat ini A8 yang tersedia memiliki fitur adaptive cruise control, intervensi kemudi dan rem otomatis serta alat bantu lainnya.[prm/timBX] foto: berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
audi,
#
audi a8,
#
traffic jam pilot