MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi A3 2020 Wajah Baru, Berpenggerak 4WD dengan Sensor Distribusi Torsi

FEB 11, 2020@12:00 WIB | 298 Views

Pertarungan hatchback di tahun 2020 cukup sinyal yang cukup tinggi. Setelah Hyundai i20, memamerkan sketsa terbarunya, Audi rupanya sudah mempersiapkan seri hatchbacknya untuk meramaikan Geneva Auto Show 2020. Bulan Maret nanti menjadi ajang pertarungan hatchback terbaik. Audi A3  sportback lima pintu, bakal diperkenalkan, bersama dengan RS3 untuk pecinta performance, namun Audi tidak membawa A3 Cabriolet kali ini.

Audi A3 memiliki desain baru yang sporty. Berbasis platform MQB, namun A3 sportback 2020 telah menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive terbaru, suspension damping dan speed sensitive steering sebagai fitur terbarunya.

Kemampuan Audi all wheel drive, bakal diluncurkan sebagai versi standar di beberapa model.System 4W terbarunya mampu mengukur distribusi torsi, berdasar informasi yang diserap dari sensor suspensi, kondisi jalanan dan cara mengemudi. 

Dalam kondisi normal, torsi dihantarkan ke penggerak roda depan, untuk kepentingan efisiensi yang maksimum. Namun ketika kebutuhan mengemudi melonjak menjadi 100 persen, secara generik torsi dihantarkan untuk roda belakang pula. Cukup canggih sistem All Wheel Drive yang dikembangkan Audi.

Tidak hanya itu, torsi Audi A3 juga dapat dikontrol melalui sistem berbasis rem yang dihubungkan dengan dengan vehicle electronic stability control (V-ESC), dengan memanfaatkan fitur kontrol 3 level (ESC On, Sport dan ESC Off). Jika mobil digunakan untuk mengemudi di tikungan yang berat, sistem memberikan sentuhan rem ringan, dan peningkatan respon saat tanjakan.

Selain sistem ESC, distribusi torsi, Audi A3 punya sistem new speed sensitive streering system untuk A3. Rencananya semua varian sporty mengadopsi sistem ini. Bekerja secara elektrikal, namun secara feel telah ditingkatkan karena bentuh spesial dan gigi rack and pinion steering system  menghasilkan rasio gigi yang berbeda, bergantung pada sudut mengemudi.

Ketika posisi setir kembali ke tengah, seperti saat menggenjot throttle dalam kecepatan tinggi, rasio kemudi tertulis 14,3:1. Namun saat kecepatan rendah, saat ditempat parkir, rasio lebih tinggi, memudahkan kemampuan manuver lebih rendah. Secara gradual saat kecepatan meningkat sedikit demi sedikit, memberikan feel lebih baik, saat mobil diarahkan ke jalan raya.

Sebagai hatchback yang multi purpose, Audi nawarkan damping suspensi dengan tiga tingkatan, Comport, Auto dan Dynamic. Bekerja berdasarkan sensor saat mengukur akselerasi vertikal body dan pergerakan relatif roda secara individual. Audi menyematkan sistem tersebut di Audi A3 yang baru.

Powertrain dari Audi A3 belum terlihat pasti, apakah masih mempertahankan kapasitas kecil, atau sudah mengadopsi light hybrid, dengan penawaran sistem plug-in hybrid juga tentunya. 

Untuk varian performance, RS3 dan S3. Audi S3 menggunakan mesin berkubikasi 2.0 turbocharger inline 4, sedangkan RS 3 dengan mesin 2.5 liter turbocharger inline 5. Sisanya Audi A3 mungkin harus mengadopsi teknologi hybrid untuk efisiensi lebih.

Tunggu kepastiannya ya Black Pals, untuk Geneva Auto Show pada 2 Maret 2020 nanti. Tunggu kabar kami selanjutnya Black Pals.[Ahs/timBX]

Tags :

#
audi,
#
audi a3 2020,
#
geneva auto show 2020,
#
vehicle electronic stability control,
#
new speed sensitive streering system,
#
distribution torch sensor