MENU
icon label
image label
blacklogo

Asuka TR-310 Head Unit Processor Berbasis Linux Launching di GIIAS 2019

JUL 23, 2019@12:00 WIB | 859 Views

Asuka akhirnya buka kedok atas produk terbarunya, yang menyasar segmen profesional. Adalah Headunit TR-310 yang memiliki fitur komplet untuk audiophile. Harapannya bisa melakukan penetrasi market baru untuk pecinta sound quality. Hal ini sekaligus menjawab keraguan publik car audio bahwa asuka bukan sekedar head unit biasa, namun dengan kehadiran TR-310 mampu menghasilkan kualitas suara yang diharapkan pecinta car audio.

Headunit TR-310 telah dibekali prosesor. Asuka menamakannya sebagai High End Professional Audio DSP yang mampu memproses input audio signal melalui algoritma khusus, kemudian menyalurkan kembali dengan kualitas audio yang tinggi dan menu setting yang profesional.

"Audiophile bisa membuktikan sendiri, kita tidak banyak presentasi. Meski di produksi dan didevelop di Taiwan, TR-310 diproduksi berdasarkan riset market di Indonesia. Dan itu menjadi ajang pembuktian bahwa kami telah mengembangkan secara software dan hardware kualitasnya tidak kalah dari merek terkenal lainnya," tutur Albert Lim yang menegaskan produknya telah masuk grade ekstrim.

Ceruk market yang dikembangkan tidak ada head unit dengan kualitas bagus, namun memiliki fitur connectivity, dan TR-310 siap menyambut kekosongan celah itu. "Konsumen akan berfikir, sebuah head unit dengan banyak fitur, namun tidak mengurangi kualitas audio. Maka TR-310 adalah jawabannya, menampik opini audio installer bahwa menambah fitur akan mengurangi kualitas suara," jelas Albert yang telah menguji mencapai signal to noise ratio mencapai 89dB(A). Hal itu menandakan memiliki throughput maksimal dan stabil.

TR-310 tidak lagi menggunakan OS Android, melainkan OS Linux. Karena secara kapasitas OS, Linux bisa mengeluarkan sound quality lebih fokus, lebih baik dan lebih luas.  Titik point-nya, OS Android biasa menjadi beban memberikan output suara yang berkualitas. 

TR-310 telah dibekali fitur multi touch screen dan multi gesture, sekaligus TV digital. Dan telah dibekali smartphone connectivity, jadi masih bisa memutar youtube atau aplikasi streaming berbasis Android dari smartphone.  Dan dilengkapi dengan steering wheel control, parking camera, built in tuner TV digital, dan telah terintegrasi dengan tire pressure monitoring system. 

Berdimensi 10 inci, layar IPS yang tajam dan telah mengadopsi anti reflection capacitive LCD. Memiliki user interface yang stylis, friendly dan fungsional. Sederet fitur penting seperti, music, radio, equalizer, info dan tanggal. Semuanya bisa disetting langsung dari layar depan bahkan bisa dicustom dan sudah multitouch.

Fitur equalizer memiliki dua pilihan, quick mode dan profesional mode. Quick mode memiliki 12 preset, berikut pengaturan loudness, bass, mid, treble dan fader adjustment. Sedangkan profesional mode terdiri dari time aligment, balance/fader adjustment, crossover filter adjustment, individual 16 band Graphic EQ, Q Factor Adjustment dan bass enhancement. Harga yang ditawarkan selama di GIIAS 2019, TR-310 berkisar di harga Rp9 jutaan.[Ahs/timBX]

 
 

Tags :

#
asuka,
#
asuka tr-310,
#
head unit pro,
#
head unit os linux,
#
giias 2019