MENU
icon label
image label
blacklogo

Aston Martin Vantage GT4 Meluncur, Versi Tertinggi Yang Siap Dipakai Balap

FEB 28, 2024@14:00 WIB | 137 Views

Setelah mendapat versi penyegaran di awal tahun 2024 ini, Aston Martin Vantage versi yang dipakai balap juga mendapat update. Salah satunya adalah Vantage GT4 yang ternyata mendapat beberapa ubahan signifikan dan dipersiapkan untuk dipakai pada berbagai ajang balap mobil bergengsi.

Mobil ini sendiri dikembangan oleh divisi Aston Martin Motorsport (AMR) yang juga mengembangkan mobil F1 mereka. Bisa dibilang versi GT4 dari Aston Martin Vantage mengambil sekitar 80 persen basis dari versi standar yang memang dijual ke publik.

Ubahan yang diberikan dari versi standar ke GT4 termasuk sangat niat. Misalnya seperti paket aerodinamika yang terdiri dari splitter depan dan sayap belakang yang terpasang untuk mengurangi downforce mobil ini. Lalu bagian kap mesin mobil ini menggunakan bahan komposit natural flax fiber yang ramah lingkungan.

Pada bagian kaki-kaki, Vantage versi GT4 ini juga mendapat beberapa upgrade penting. Diantaranya seperti velg aluminium 18 inch model forged yang sporty. Velg ini memang lebih kecil dari versi standar yang punya ukuran 21 inch karena mengikuti regulasi balap GT4. Serta bagian suspensi yang juga dirubah dengan orientasi ke arah performa tinggi.

Bagian interior mobil ini juga sudah dirombak agar semirip mungkin dengan versi balap GT4-nya. Mulai dari model jok bucket yang sport, stir yang mirip dengan mobil balap GT4, hingga penggunaan roll bar yang terpasang sesuai standar FIA, dan beberapa part pendukung lainnya.

Ke bagian mesin, Aston Martin Vantage GT4 tetap menggunakan mesin dari AMG berkapasitas 4.000cc, V8, Twin Turbo. Karena digunakan untuk balap GT4, ada penyesuaian settingan ECU oleh Bosch Motorsport. Sehingga mobil ini kini punya tenaga 469 Hp dan torsi 640 Nm.

Untuk transmisi sendiri menggunakan kini menggunakan model enam speed dengan paddle shift dari sebelumnya delapan speed. Transmisi ini modifikasi oleh ZF dan AMR dengan menghilangkan dua gigi terakhir yang merupakan model overdrive. Serta fungsi otomatis di transmisi ini juga dihilangkan pada mobil ini.

Meski akan dipakai di berbagai ajang balap, mobil ini sejatinya juga dijual kepada konsumen. Hanya saja jumlah mobil yang diproduksi untuk konsumen sangatlah terbatas yaitu 40 unit saja di seluruh dunia. [edo/timBX]

Tags :

#
aston martin,
#
vantage,
#
gt4,
#
varian,
#
mobil balap