MENU
icon label
image label
blacklogo

Aston Martin Vantage Dinobatkan sebagai Safety Car Formula One 2021

MAR 08, 2021@16:00 WIB | 412 Views

Aston Martin akan kembali ke balapan Formula 1 yang telah lama ditunggu-tunggu. Pabrikan asal Inggris ini baru saja mengumumkan akan menyediakan dua model untuk dijadikan sebagai safety car resmi dan mobil medis resmi untuk F1. Mobil keselamatan tidak lain adalah Aston Martin Vantage yang menakjubkan dengan banyak peningkatan untuk tugas khusus ini, bersama dengan SUV DBX yang akan menjadi mobil medis F1 baru. Kedua model tersebut akan debut di Bahrain pada tes pra musim F1 yang akan digelar mulai 12 hingga 14 Maret mendatang. Ini adalah pertama kalinya mobil Aston Martin akan berfungsi sebagai Safety Car dan medis F1 yang mengambil alih dari Mercedes-AMG sebelumnya.

Safety Car harus memiliki kecepatan luar biasa, itulah sebabnya Vantage khusus ini memiliki output yang ditingkatkan 24 tenaga kuda menjadi 528 hp. Angka torsi 505 lb-ft tetap sama tetapi sekarang diproduksi dalam jangkauan yang lebih luas dari sebelumnya. Didukung oleh mesin V8 twin-turbo 4.0 liter yang disempurnakan, Safety Car Vantage ini akan mampu mencapai 60 mph (0-100 km/jam) dalam 3,5 detik. Transmisi juga telah diatur untuk pemindahan gigi yang lebih presisi. Grille sudah direvisi dan splitter depan bantuan untuk membuat 343 lbs downforce di 200 km/h (124 mph), meningkat dari 132 lbs relatif terhadap Vantage biasa. Kekakuan struktural depan mobil telah ditingkatkan dan perubahan pada peredam dan kemudi telah dilakukan.

Untuk memberikan tampilan yang istimewa, Vantage telah dilengkapi dengan cat Aston Martin Racing Green, menghubungkannya dengan mobil Aston Martin Cognizant Formula One Team yang baru saja diluncurkan minggu ini. Bilah lampu LED di atap bukanlah pilihan yang akan Anda temukan di konfigurator Aston Martin, dan begitu pula livery mobil keselamatan FIA. Di dalam, mobil keselamatan Vantage memiliki kursi balap dan tali pengaman enam titik, sementara dua layar menampilkan informasi penting dan dapat dihubungkan ke siaran langsung televisi.

Sama pentingnya adalah mobil medis resmi DBX, yang diharapkan tidak perlu digunakan untuk menyelamatkan pengemudi dari bola api yang mengerikan musim ini. Seperti Vantage, itu selesai dengan cat Racing Green yang sama. Mesin V8 twin-turbo 4.0 liter DBX menghasilkan tenaga 542 hp dan 516 lb-ft, memungkinkannya mencapai 60 mph (0-100 km/jam) hanya dalam 4,3 detik sebelum melaju ke kecepatan tertinggi 181 mph (291 km/jam). Untuk tugas spesifiknya, DBX ini hadir dengan dua alat pemadam kebakaran, satu defibrilator, dan bahkan satu kit pembakaran. Tidak ada kursi belakang tengah, tetapi empat kursi yang tersisa masing-masing adalah bucket sport dengan tali pengaman enam titik.

 Aston Martin menempuh jarak hampir 9.300 mil di kedua mobil keselamatan untuk memastikan daya tahannya. CEO Aston Martin Lagonda, Tobias Moers, menggambarkan dua kendaraan yang mengambil peran sebagai mobil keselamatan dan medis resmi itu sebagai "momen yang membanggakan bagi kita semua". [ibd/timBX]

Tags :

#
aston martin vantage,
#
aston martin,
#
safety car formula one 2021,
#
formula one 2021,
#
safety car,
#
f1 2021