MENU
icon label
image label
blacklogo

Aston Martin Uji Coba Sepeda Motor Terbarunya

JUN 24, 2020@17:00 WIB | 279 Views

Hanya 100 orang yang cukup beruntung untuk mengendarainya.

Menjelang akhir 2019, Aston Martin memamerkan hasil kolaborasi dengan Brough Superior, yaitu sepeda motor baru bernama AMB 001. Sama seperti Aston Martin V12 Speedster 2021 yang baru-baru ini diungkap, AMB 001 akan menawarkan pengalaman tanpa atap hanya untuk beberapa pembeli pilihan. AMB 001 akan dibatasi hanya 100 unit dengan pengiriman dijadwalkan dimulai pada akhir tahun 2020. Aston Martin saat ini sedang menguji motor, yang dibungkus dengan camo livery, di arena pacuan kuda Pau-Arnos di Perancis.

Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Creative Officer Aston Martin, Marek Reichman mengungkapkan, semua orang yang terlibat telah berhasil membuat kemajuan luar biasa dengan pengembangan AMB 001, terlepas dari semua tantangan yang dihadapi.

"Sepeda motor khusus ini, seperti mobil kami, hasil perpaduan desain yang indah dengan teknologi modern untuk menghasilkan sepeda yang akan dibanggakan oleh setiap kolektor. Kami senang melihat seberapa banyak kemajuan yang telah dibuat, baik di dalam maupun di luar jalur, dan menantikan saat produksi dimulai untuk mesin yang menakjubkan ini," jelasnya.

Pengujian prototipe ini akan memungkinkan para insinyur untuk menyelesaikan geometri sasis, ergonomi, dan perilaku dinamis. Pengendara uji Brough Superior akan mengevaluasi motor untuk menguji tikungan, pengereman, dan akselerasi. Pengujian akhir untuk mesin juga akan dilakukan secara paralel dengan pengembangan sasis.

AMB 001 dipersenjatai mesin V-twin turbocharged dan intercooled yang unik yang menghasilkan 180 tenaga kuda. Aston Martin dan Brough Superior belum mengutip angka performanya, tetapi diharapkan sepeda motor ini menjadi yang tercepat.

"Salah satu fitur desain utama dari AMB 001 adalah sirip aluminium yang membentang sepanjang tangki carbon fiber, melewati bawah sadel dan keluar ke belakang," tutur CEO Superior Brough, Thierry Henriette. 

Setelah pengujian ini selesai, AMB 001 akan mulai diproduksi di pabrik Brough Superior di Toulouse, Prancis. Setiap sepeda akan berharga 108.000 euro plus PPN 20 persen, yang berarti sekitar $ 121.000 (sekitar Rp1,7 miliar) dengan nilai tukar saat ini. [ibd/timBX]

Tags :

#
aston martin,
#
aston martin v12 speedster 2021,
#
brough superior,
#
amb 001