MENU
icon label
image label
blacklogo

Aston Martin Bulldog Berusia 40 Tahun Catat Rekor Kecepatan 322 Km Per Jam

JAN 11, 2021@18:00 WIB | 226 Views

Banyak mobil jalanan modern Aston Martin seperti DBS Superleggera dapat mencapai kecepatan tertinggi melebihi 200 mph (322 km/jam) tanpa susah payah. Bahkan DBX, SUV mewah yang besar, akan mencapai kecepatan 181 mph (sekitar 291 km/jam). Kembali pada 1980-an, kecepatan tertinggi 200 mph kurang umum, tetapi Aston Martin bertekad untuk memecahkan penghalang 200 mph dengan proyek Bulldog.

Didesain oleh William Towns, yang juga menulis desain untuk Lagonda berbentuk pasak, Bulldog adalah supercar mid-engine yang mencolok dengan desain bersudut dan pintu gullwing. Yang menggerakkan proyek ini adalah mesin V8 5,3 liter twin-turbo yang menghasilkan 700 tenaga kuda, output yang sangat besar untuk saat itu. Aston Martin yakin ini akan memungkinkan Bulldog mencapai 200 mph (322 km/jam), yang akan menjadikannya mobil produksi tercepat pada masanya.

Sayangnya, proyek tersebut dibatalkan oleh Ketua Victor Gauntlett sebelum Aston Martin dapat mencapai tujuannya karena biaya operasional yang tinggi. Lebih dari 40 tahun kemudian, Aston Martin Bulldog akan mencoba kembali lari 200 mph (322 km/jam) yang gagal untuk memenuhi takdir aslinya. Dalam persiapannya, prototipe original ini sedang menjalani restorasi menyeluruh selama 18 bulan oleh Classic Motor Cars.

Mengawasi restorasi adalah putra Victor Gauntlett, Richard Gauntlett. Kemajuan restorasi berjalan dengan baik dan Gauntlett yakin konsep tersebut akan berjalan pada akhir tahun sebelum percobaan rekor. Mencoba lari 200 mph akan dilakukan oleh pebalap pabrik Aston Martin, Darren Turner, yang juga akan mengawasi penyiapan akhir dan tahap pengujian proyek.

"Saya telah mendengar tentang legenda Bulldog dari dalam Aston Martin dan ketika berita mulai tersaring tentang mobil yang dipulihkan untuk mencapai target 200 mph, saya pikir itu hal yang keren untuk dilakukan. Saya mengikuti ceritanya dan berpikir bahwa akan sangat menyenangkan untuk terlibat di dalamnya. Dan ketika diminta untuk mengendarainya, saya tidak perlu berpikir dua kali!, karena saya berharap untuk menjadi bagian dari kisah menghiudpkan kembali Bulldog ini untuk mencapai apa yang diinginkan sejak beberapa tahun lalu," tukas Turner.

Aston Martin belum mengumumkan kapan Bulldog akan mencoba kembali rekor 200 mph-nya, tetapi jika semuanya berjalan dengan baik, itu bisa terjadi akhir tahun ini. [ibd/timBX]

Tags :

#
aston martin bulldog,
#
aston martin,
#
rekor aston martin bulldog,
#
dbs superleggera