MENU
icon label
image label
blacklogo

Asal Usul Lencana Dan Logo Mobil (Bagian I)

DEC 14, 2020@20:30 WIB | 494 Views

Logo adalah fondasi identitas merek. Istilah merek berasal dari nama ternak, sesuatu yang kita kenal dari barat lama di Amerika, tetapi sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Seperti merek ternak, lencana mobil modern menunjukkan kepemilikan dan merupakan representasi visual perusahaan di balik produk. Itu harus eye-catching dan mudah diingat. Selain itu, banyak logo dan lencana mobil yang berusia ratusan tahun dan penuh makna.

Produsen mobil tertentu seperti Rolls-Royce, Volkswagen, dan Ford, memiliki lencana sederhana yang sengaja dibuat tetap demikian. Namun, logo yang tampak paling sederhana pun memiliki cerita untuk diceritakan. Ini yang lebih menarik.

1.   Volvo

Volvo berawal sebagai perusahaan yang memproduksi bearing, itulah sebabnya nama itu dibuat dengan mengkonjugasikan kata Latin volvere yang berarti "Saya berguling". Nama tersebut bermerek dagang pada tahun 1911, tetapi lencana tersebut memiliki asal yang lebih tua. Lingkaran dengan panah yang mengarah ke luar mengacu pada simbol kimia ideogram kuno untuk besi dan bukan seperti yang diasumsikan, simbol astronomi untuk Mars dan simbol untuk jenis kelamin laki-laki. Pendiri Volvo, Assar Gabrielsson dan Gustaf Larson menginginkan simbol yang kuat untuk merek tersebut dan terinspirasi oleh waktu mereka bekerja untuk perusahaan baja Swedia tersebut.

2.   BMW

Logo BMW adalah bagian desain yang ikonik. Ini tegas dan sederhana, dan terkenal karena mewakili baling-baling yang berputar di depan langit biru sebagai referensi asal-usul BMW sebagai produsen pesawat terbang. Seperempat lingkaran dalam pada lencana BMW menampilkan warna resmi Negara Bagian Bavaria. Namun, dalam arti heraldik, warnanya dibalik dari putih dan biru menjadi biru dan putih. Undang-undang merek dagang lokal pada saat itu tidak mengizinkan simbol kedaulatan pada logo komersial. Mitos baling-baling berasal dari satu iklan cetak pada tahun 1929 yang menampilkan pesawat dengan logo BMW dialihkan ke baling-baling yang berputar. BMW tidak menghalangi mitologi dan bahkan bermain di dalamnya dengan lebih banyak iklan berbasis propeler untuk mesin aero-nya.

3.   Porsche

Lambang yang digunakan Porsche didasarkan pada lambang Negara Rakyat Bebas Wurttemberg. Namun, asalnya tidak sepenuhnya dikonfirmasi. Ada dua cerita tentang pembuatannya. Yang satu mengklaim insinyur Porsche Franz Xaver Reimpies merancangnya, dan yang lain mengatakan itu datang langsung dari tangan putra Ferdinand Porsche, Ferry. Menurut legenda, Ferry Porsche menggambar logo tersebut di serbet saat bertemu dengan importir legendaris Amerika, Max Hoffman. Yang paling mungkin adalah Ferry Porsche mengemukakannya sebagai ide untuk cap persetujuan yang berkualitas.

Jelas bahwa logonya didasarkan pada lambang Wurttemberg, dan diketahui bahwa kuda itu ditambahkan saat markas Porsche dibangun di atas peternakan penangkaran kuda di Stuttgart, dan segel Stuttgart menampilkan seekor kuda hitam.

4.   Rolls-Royce

Lambang Rolls-Royce cukup jelas; namun, Spirit Of Ecstasy hood ornamen. Mobil Rolls-Royce tidak memiliki ornamen sampai politisi Baron John Montagu menugaskan Charles Robinson Sykes untuk membuat maskot pribadi untuk Rolls-Royce Silver Ghost 1909 miliknya. Montagu menjalin hubungan cinta rahasia dengan aktris Inggris bernama Eleanor Velasco Thornton, jadi Sykes menciptakan gambar dirinya dengan jubah berkibar di belakang saat dia meletakkan jari-jarinya ke bibir. Patung itu diberi nama The Whisper, dan hanya sedikit yang dibuat.

Patung-patung di kap mobil menjadi mode, dan Rolls-Royce memperhatikan bahwa beberapa pelanggannya sedang memperbaiki ornamen yang dianggap tidak pantas oleh perusahaan pada mobilnya. Rolls-Royce menghubungi Sykes untuk menciptakan sesuatu yang anggun yang akan menyampaikan semangat mobil Rolls Royce. Sykes menggunakan Thornton sebagai inspirasi lagi dan membuat versi modifikasi dari The Whisper yang dia sebut The Spirit of Speed, dan yang kita kenal sekarang sebagai The Spirit Of Ecstasy.

Sykes menggambarkan patung itu sebagai: "Seorang dewi kecil yang anggun, Jiwa Ekstasi, yang telah memilih perjalanan darat sebagai kesenangannya yang tertinggi dan turun di haluan mobil Rolls-Royce untuk menikmati kesegaran udara dan suara musik dari gordennya yang berkibar. "

5.   Cadillac

Lencana Cadillac memiliki hampir 30 variasi berbeda selama 100 tahun terakhir. Namun, itu selalu didasarkan pada lambang keluarga petualang Prancis, Le Sieur Antoine de la Mothe Cadillac. Dikatakan bahwa la Mothe (gelarnya diadopsi dari kota Cadillac di Prancis) mendirikan Detroit, tetapi sejarah tidak mendukung gagasan bahwa dia melakukan lebih dari sekadar menjelajahi daerah itu. [ibd/timBX]

Tags :

#
asal usul lencana mobil,
#
asal usul logo mobil,
#
sejarah logo mobil,
#
logo mobil,
#
volvo,
#
porsche