MENU
icon label
image label
blacklogo

Arjuna Formula 1 Listrik Rakitan Mahasiswa UGM, dari 0 ke 100 kpj Hanya Butuh Waktu 4 Detik

JUL 27, 2022@13:57 WIB | 329 Views

Dengan semakin booming dan digalakkannya tren kendaraan bertenaga listrik, membuat berbagai pihak berlomba-lomba untuk berinovasi menciptakan kendaraan listrik.

Pada gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di Jakarta, selain tertarik dengan skutik listrik yang desainya mirip Vespa Primavera, kami juga kepincut dengan sebuah kendaraan listrik yang desainnya mirip dengan mobil balap Formula 1.

Mobil listrik tersebut ternyata rakitan para mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), yang tergabung dalam tim Arjuna Electric Vehicle

Para mahasiwa UGM ini pun menciptakan sebuah kendaraan listrik yang bentuknya mirip dengan mobil balap formula 1.

Mobil listrik ini diberi nama “Arjuna”. Sedikit melirik sejarahnya, tim Arjuna ini terbentuk sejak tahun 2012 silam, dan akhirnya di tahun 2013 tim Arjuna mulai aktif mengikuti berbagai kompetisi tingkat nasional.

Hebatnya lagi, pada tahun 2017 tim Arjuna berhsail meraih berbagai penghargaan dalam berbagai kompetisi, seperti terbaik ke 4 tingkat ASEAN dan 3rd Place Best Presentation EV Class pada gelaraan Formula SAE di Jepang (2019).

Kembali lagi fokus bahas mobil listriknya, Arjuna ini memiliki rangka berjenis tubular spaced JIS 3445 STKM 11A yang dicat hitam. Sedangkan bodi Arjuna ini dirakit dengan menggunakan bahan fiber untuk menghasilkan bobot yang ringan.

Sebagai penggerak, mobil listrik rakitan “Cah Yogyakarta” (Anak Yogyakarta) ini pun dipasoki dengan motor listrik ENSTROJ Emrax 208 80 KW. Motor listrik tersebut pun dipadu dengan controller Kelly KLS14401-8080IPS.

Tak seperti motor listrik yang masih didatangkan dari luar negeri, untuk pasokan listrik, tim Arjuna ini mengkustom sendiri loh blackpals! Namun mereka mengatakan baterai kustom tersebut memadukan berbagai baterai lithium lansiran Samsung.

Bicara performa, motor listrik Arjuna ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 100 kpj. Memang terbilang kecil untuk sebuah mobil balap listrik, tapi ini alasannya.

“Angka 100 kpj memang terbilang kecil, tapi kami memang tak mengejar top speed, melainkan akselerasi awal,” ujar Hisyam, perwakilan tim Arjuna yang kami temui di event PEVS 2022 Jakarta.

Untuk mencapai kecepatan 100 km/h, F1 rakitan mahasiswa UGM ini hanya butuh waktu 4 detik saja sob! Sementara untuk sekali pengisian penuh baterai mobil listrik ini mampu menempuh jarak maksimal sejauh 85 km.

Belum selesai, di sektor kaki-kaki, Arjuna menggunakan sokbreker Rockshox Vivid R2C serta pengereman kaliper depan Brembo 4 piston dan belakang Willwod 2 piston.

Yang paling menarik, satu set velg yang terpasang pada Arjuna ini merupakan velg OZ Formula HLT original ring 13 yang juga dibalut ban balap legendaris Hoosier [aziz/dera/timBX].

Tags :

#
arjuna,
#
f1,
#
formula 1,
#
ev,
#
universitas gadjah mada,
#
ugm,
#
pevs 2022