MENU
icon label
image label
blacklogo

Aptera Launch Edition Rilis, Mobil Alien Berdaya Jangkau 400 mil

JAN 24, 2023@14:30 WIB | 125 Views

Aptera akan merilis seri pertama dari kendaraan produksi perdananya, Aptera Launch Edition yang didasarkan pada mobil produksi Delta akan memiliki konfigurasi yang sama untuk semua pelanggan, yang akan membantu mempercepat produksi.

Kendaraan dengan fascia yang cocok untuk mobil alien ini memiliki paket baterai dengan jangkauan 400 mil (643 kilometer), paket tenaga surya terintegrasi hingga 40 mil (64 kilometer) pengisian tenaga surya per hari, tiga motor roda yang menawarkan kemampuan penggerak semua roda, dan port pengisian daya Tesla (NACS).

Berkat bentuknya yang unik yang memungkinkan koefisien hambatan hanya 0,13, bahan yang sangat ringan dan sangat kuat, Aptera Launch Edition dikatakan hanya membutuhkan seperempat energi untuk meluncur di udara dibandingkan dengan kendaraan listrik dan hibrida lainnya yang ada di jalan saat ini.

Sejauh ini semuanya terdengar bagus, tetapi salah satu pendiri Aptera, Steve Fambro dan Chris Anthony, mengatakan dalam webinar tersebut bahwa jadwal produksi tergantung pada perusahaan untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan.

Aptera membutuhkan setidaknya 50 juta dolar AS (Rp750 miliar) modal tambahan tahun ini hanya untuk memulai produksi mobil listrik tenaga surya.

Jumlah yang cukup besar mengingat Aptera telah mengumpulkan 85 juta dolar AS (Rp1,2 triliun) hingga saat ini dari lebih dari 15.000 investor, termasuk dari kampanye crowdfunding sebelumnya.

Perusahaan mengklaim telah memiliki lebih dari 40.000 pemesanan dan berencana untuk membangun setidaknya 5.000 Launching Edition.

Asalkan pendanaan yang tepat diperoleh, Aptera kemudian bertujuan untuk meningkatkan skala dengan cepat ke dalam produksi shift tunggal skala penuh sebanyak 10.000 kendaraan per tahun.

Dari sana, Aptera berencana untuk memperluas produksinya menjadi 20.000 kendaraan per tahun dari dua shift di fasilitas Carlsbad, California. Lebih jauh lagi, perusahaan ini berharap untuk memiliki tujuh pabrik perakitan yang berbeda yang akan beroperasi pada tahun 2028. [wic/tim BX].

Tags :

#
aptera,
#
launch edition