MENU
icon label
image label
blacklogo

Aptera Pamerkan Gamma, EV Tenaga Surya dengan jarak Tempuh 64 KM

SEP 14, 2022@14:00 WIB | 209 Views

Aptera baru saja merilis purwarupa mobil EV bertenaga surya dengan tampilan futuristik bernama Gamma, di event Fully Charged Live 2022, San Diego. Kendaraan listrik beroda tiga itu diklaim mampu menempuh jarak hingga 40 mil (64 KM).

Namun, yang paling mencuri perhatian adalah tampilannya yang mampu membuat mata publik betah berlama-lama menatapnya. Terlihat seperti pesawat alien, Gamma, justru memiliki bobot yang ringan.

Aptera Gamma memiliki koefisien drag yang diklaim hanya 0,13. Sebagai perbandingan, Mercedes-Benz EQS (kendaraan paling aerodinamis di dunia) memiliki angka 0,20. Angka dan statistik ini sangat menarik tetapi, seringkali kendaraan konsep seperti ini tidak pernah menuju proses produksi.

Pabrikan yang berasal dari California ini justru mengungkapkan, jika bentuk unik Gamma bukan untuk mengesankan publik tapi lebih ke urusan aerodinamis.

Benar saja, dengan desain yang ringan, Gamma tidak memerlukan baterai yang besar. Ini menguntungkan jangkauan perjalanan dan kinerja. Aptera mengklaim, kendaraan roda tiga ini dapat mencapai kecepatan dari 0-60 mpj hanya dalam 3,5 detik. Terlebih lagi, kendaraan listrik ini memiliki jangkauan baterai hingga 1.000 mil dengan sekali pengisian daya.

Di bagian eksterior, Aptera juga menambah jumlah panel surya, dengan tambahan panel di atap dan depan. Perusahaan juga mengisyaratkan bahwa itu mungkin menawarkan pengisian solar tambahan, mungkin array terpisah yang dapat digunakan saat kendaraan tidak bergerak.

Pabrikan menyebut Ide di balik penciptaan Aptera adalah faktor keberlanjutan. Start-up tersebut mencatat bahwa, dengan menjalankan kendaraan selama setahun berpotensi mengurangi jejak karbon pemilik rata-rata sebesar 14.000 pound.

Jadi, kapan kita bisa berharap untuk melihat Aptera melaju di jalan raya? Menurut Elektrek, perusahaan berharap untuk memulai produksi segera setelah 2023. Hingga saat ini Aptera Gamma mendapat tanggapan positif, dengan 32.000 pre-order yang dilaporkan ditempatkan untuk varian tertinggi.

Adapun harga, itu sangat tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan jarak 1.000 mil yang diklaim, anda dapat menebus Aptera Gamma dengan membayar $44.900. Namun, ada tiga model yang lebih terjangkau, yang termurah adalah varian $25.900 dengan jangkauan 250 mil. 

Anda juga dapat memilih opsi cat eksterior, berapa banyak panel surya yang Anda inginkan, dan memilih skema interior yang Anda inginkan.

Gamma, seperti yang disebutkan, masih berupa purwarupa. Namun, seiring demand yang kian tinggi, Aptera kini sedang mempersiapkan model untuk diproduksi secara massal yakni Model "Delta". [wic/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
aptera,
#
gamma