MENU
icon label
image label
blacklogo

Aprilia RSV4 Tertangkap Kamera, Simak Bocorannya

NOV 30, 2020@14:00 WIB | 249 Views

Butuh beberapa waktu bagi Aprilia untuk meluncurkan motor sport kelas menengah yang paling ditunggu, Aprilia RS660. Dengan keluarnya RS660 ke alam liar, kini perusahaan sekarang sibuk mengerjakan kakaknya, RSV4.

Laporan ini pertama kali terungkap berkat Motomaniaci dari Italia yang berhasil mendapatkan foto eksklusif dari Aprilia RSV4. Dalam unggahannya, Motomaniaci menginformasikan bahwa Aprilia RSV4 2021 saat ini sedang menjalani tahap akhir dengan tes di jalan raya. Sejak kabar ini beredar, tampilan Aprilia RSV4 telah dibagikan di sejumlah forum atau grup, dan menjadi topik hangat.

Hal yang paling mencolok dari unggahan laporan tersebut adalah perubahan desain. Aprilia RSV4 2021 tampaknya akan mengikuti desain RS660 yang tajam dan modern. Rangka motor terlihat sangat identik dengan sebelumnya, dengan motor memiliki poros swingarm yang dapat disesuaikan, dan tanda pengecoran seperti sebelumnya. Akibatnya, banyak yang menyebut bahwa model mendatang berbagi etos styling bersama.

Model ini mendapatkan fasia baru yang dilengkapi dengan unit lampu depan ganda LED, kaca depan, serta sirip aerodinamis terintegrasi. Bagian sirip memang tampak berubah, namun belum diketahui secara pasti bagaimana tampilan aslinya. Itu karena motor masih ditutupi dengan lakban. Namun, dari tampilan tersebut sepertinya Aprilia telah membuang lengan ayun berbentuk pisang dan memilih item underslung yang lebih bergaya.

Adapun bagal uji tampaknya menampilkan desain lengan ayun bertulang bawah yang diperkuat, mirip dengan apa yang ada pada mesin balap Aprilia RS-GP.

Dapat dilihat pula bahwa di bagian ekor motor terdapat kotak kecil yang terbuat dari stainless steel. Ini tampak seperti peralatan diagnostik yang mencatat apa yang terjadi pada motor melalui serangkaian sensor.

Meski tampilan dasar sudah terkuak, bagian hidung motor masih minim informasi. Kita masih harus bersabar hingga pabrikan memperkenalkannya secara resmi.

RSV4 baru telah dipastikan akan memenui standar Euro 5 untuk pengaturan emisi. Mengenai pembangkit tenaga, Motomaniaci berspekulasi bahwa Aprilia akan mempertahankan mesin 65 derajat V-4 berpendingin cairan longitudinal saat ini, dan merevisi beberapa hal. Jika itu masalahnya, RSV4 standar akan mendorong sekitar 201 bhp pada 13.000 rpm dan torsi puncak 115 Nm pada 10.500 rpm.

Sampai saat ini, laporan tersebut masih berupa opini mengingat pabrikan masih memilih bungkam. Apabila timeline pengembangan RSV4 sama seperti Aprilia RS660, kita mungkin dapat melihat model secara utuh lengkap dengan detail mesin sebelum Natal. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aprilia rsv4,
#
aprilia rs660,
#
motor sport,
#
aprilia