MENU
icon label
image label
blacklogo

Aprilia Hadirkan Dua Motor Spesial Terinspirasi Dari Balap Superbike

APR 16, 2024@12:00 WIB | 165 Views

Aprilia punya sejarah yang panjang di dunia motorsport. Gak cuma di MotoGP, pabrikan asal Italia ini sejatinya pernah punya cerita manis di ajang balap World Superbike. Terbaru, mereka menghadirkan edisi spesial SE-09 SBK pada dua motor sport andalan mereka yaitu RSV4 Factory dan Tuono V4 Factory.

Melansir Paultan, Senin (15/4/2024), dua motor spesial ini diluncurkan saat gelaran MotoGP Amerika di Circuit of the Americas, Austin, Texas, AS. Edisi spesial SE-09 SBK ini terinspirasi dari motor yang dipakai Max Biaggi saat juara WSBK yang pertama di tahun 2010 silam.

Secara tampilan, ubahan yang terasa dari versi standar kedua motor ini adalah dari segi livery. Perpaduan warna hitam, merah, dan putih yang menjadi ciri khas warna livery pada motor MotoGP, dipakai pada edisi spesial SE-09 SBK ini.

Secara spesifikasi, baik RSV4 dan Tuono V4 edisi spesial SE-09 SBK ini punya beberapa persamaan spesifikasi. Mulai dari penggunaan mesin yang sama-sama mengusung konfigurasi 1.099cc, V4, yang punya tenaga hingga 217 Hp di 13.000 rpm dan torsi 125 Nm di 10.500 rpm.

Kedua motor ini sudah mengusung penggunaan Brake Air Intake dari bahan Carbon Fiber. Lalu bahan Mudguard depan motor ini juga menggunakan bahan carbon yang kuat. Penggunaan bahan carbon ini kurang lebih mirip dengan yang dipakai pada motor balap Aprilia MotoGP.

Bagian kaki-kaki kedua motor ini juga punya spesifikasi yang mirip-mirip. Misalnya seperti penggunaan Suspensi Semi Aktif Smart EC 2.0 dari Ohlins. Suspensi ini terdiri dari tiga mode yang bisa disesuaikan dengan penggunaan ban yang digunakan.

Lalu untuk sistem pengereman sendiri sudah mengusung kaliper rem dari Brembo berjenis Stylema. Meski kaliper rem yang digunakan difokuskan untuk penggunaan di jalan raya, kaliper rem ini dipadu dengan Launch Control dan mode Wheelie yang sama persis dipakai pada spek motor balap Superbike. [edo/timBX]

Tags :

#
aprilia,
#
rsv4 factory,
#
tuono v4 factory,
#
se-o9 sbk,
#
edisi spesial,
#
superbike

X