MENU
icon label
image label
blacklogo

Apollo RT6, Mobil Swakemudi Tanpa Setir dari Baidu Resmi Meluncur

JUL 22, 2022@18:00 WIB | 335 Views

Perusahaan raksasa yang bergerak di bidang internet asal China, Baidu, resmi meluncurkan mobil swakemudi terbarunya yang bernama Apollo RT6.

Canggihnya, Baidu membuat langkah revolusioner dengan membuat mobil ini bisa tanpa setir, karena setirnya bisa di bongkar pasang.

Desain bebas setir ini memberi lebih banyak ruang untuk pemasangan tempat duduk ekstra atau tambahan lainnya, bahkan konsol game hingga vending machine.

Apollo RT6 menggunakan teknologi autonomous level 4. Artinya, mobil ini sama sekali tak butuh campur tangan manusia saat beroperasi. Mobil ini dilengkapi 8 unit LIDAR dan 12 kamera yang dipasang di sisi depan, belakang, kanan serta kiri mobil.

LIDAR sendiri adalah sistem pendeteksi yang bekerja mirip radar. Teknologi ini mengandalkan sinar inframerah alih-alih gelombang radio.

Wakil Presiden Baidu, Li Zhenyu, mengatakan bahwa Apollo RT6 akan dioperasikan di jalan raya setelah memperoleh izin dari pemerintah Tiongkok. Ia mengklaim Apollo RT6 memiliki kemampuan setara dengan orang dewasa yang sudah mengemudikan mobil selama 20 tahun.

Harga mobil swakemudi Baidu itu sekitar 250.000 yuan (sekitar Rp556 juta), turun drastis dari banderol pendahulunya yang dijual seharga 480.000 yuan atau sekira Rp1 miliar. [wic/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
baidu,
#
apollo rt6,
#
mobil swakemudi,
#
ev