MENU
icon label
image label
blacklogo

AMG A 35 4MATIC: Aura Kecepatan Pada Sebuah Entry Level

APR 06, 2020@10:30 WIB | 103 Views

Jika melihat dari sistem penamaannya, A-Class merupakan kasta entry level dari seluruh line up Mercedes-Benz. Bagaimana rasanya jika keluarga entry level ini mendapatkan sentuhan maksimum dari rumah modifikasi resmi Mercedes-Benz yakni AMG? Apa saja yang membuatnya terasa sangat spesial?

Pecinta Mercedes Benz tentu paham, jika range antara antara A-Class hingga S-Class menunjukkan kasta atau status kendaraan tersebut. Jika S-Class merupakan pinnacle atau puncak tertinggi dari seluruh line up Mercedes Benz, maka A-Class merupakan entry level atau kasta di mana jika masyarakat umum ingin memiliki Mercedes-Benz, kelas inilah yang menjadi pintu masuknya. Baik karena alasan harga maupun karena alasan dimensinya. Tapi yang akan kita review kali ini bukanlah sebuah entry level biasa. Meskipun masuk ke dalam keluarga A-Class. Namun ini adalah A-Class dengan sentuhan luar biasa dari Merceded Benz.

Mercedes Benz AMG A35 4Matic adalah tunggangan terbaru Mercedes-Benz Indonesia yang resmi diluncurkan pada Maret 2020. AMG A35 berkonfigurasi sedan hatchback yang meski berdimensi kecil namun menyimpan kejutan besar di dalamnya. Jika menyebut kata AMG, tak lengkap  rasanya tanpa membahas performa mengesankan yang dihasilkan dari dapur pacunya. Saat kamu menekan tombol star/stop button, kamu langsung disapa oleh hentakan mesin dan suara merdu muffler khas kendaraan sport.

Mercedes-Benz AMG A35 menggendong mesin turbo 4-silinder in-line 1,991 cubical centimeter yang mampu mendorong daya 310 TK dan mampu sampai pada puncak torsi 400 Nm. Pendistribusian tenaga ditunjang oleh transmisi AMG Speedshift 7G dan distribusi kaki-kaki 4matic yang sangat responsif. Kombinasi antara mesin yang mumpuni dan penyaluran tenaga khas AMG membuat mobil ini memiliki performa yang luar biasa, Angka 4,7 detik untuk akselarasi dari 0-100 kpj tentu adalah angka yang patut diperhitungkan untuk sebuah entry level.

Dan yang membuatnya makin spesial, Aura AMG tidak hanya digunakan sebagai pendukung performa. Di AMG A35 4Matic, pesona lifestyle AMG yang beredar hampir di berbagai sudut semakin mempercantik kendaraan yang didominasi oleh kelir gradasi kuning ini. Pada tampak depan, logo besar Mercedes-Benz diapit oleh double louvre beaksen chrome yang tampak menghubungkan antara sisi kiri dan kanan kendaraan. Tampilan atletis pada bagian grill semakin diperkuat dengan badge AMG yang tersemat di sisi kirinya. Guratan kendaraan sporty juga terlihat jelas pada bagian bumper khususnya pada rancangan air intakenya.

Kesan atletis ini ditopang oleh velg mutispoke berdimensi 19inch berbahan alloy yang diklaim ringan dan mampu menyeimbangkan perfoma yang dihasilkan oleh mesin. tak cukup hanya pada kaki-kaki, tapilan side skirt juga dipercantik dengan adanya aplikasi carbon fiber yang cukup memikat mata.

Di bagian belakang, Mercedes-Benz memberikan tampilan maksimum pada kendaraan ini dengan adanya pengaplikasian spoiler dan diffuser beraksen gelap serta dual exhaust yang tentu bukan hanya pemanis belaka.

Kesan sporty semakin erat saat memasuki kabin kendaraan. Jok berbentuk bucket seat dan steering wheel mutifungsi beraksen AMG berbahan kulit yang nyaman memberikan kepercayaan diri saat bahkan saat pertama kali memasukinya. Instrument diplay terbaru Mercedes Benz yang membentang dari sudut kanan hingga ke tengah dashboard tentu akan mempermudah pengemudi mengakses seluruh kondisi kendaraan dan seluruh instrument ini dapat dengan mudah dijangkau melalui sistem pintar MBUX yang dikonfigurasi oleh suara. Yang menjadi perhatian banyak orang adalah fitur unik berupa tampilan digital Rev counter/tachometer cukup besar yang berada di tengah dashboard. Fitur yang lazim ada di kendaraan balap ini kini dapat dinikmati di dalam sebuah hatchback.

Impresi yang sangat mengesankan dari sebuah entry-level. Atau sebenarnya, ini bukanlah sebuah entry-level, namun melainkan level baru dari sebuah hatchback yang patut diperhitungkan. Bagaimana menurut kamu? [pras/asl/timBX]

Tags :

#
amg a 35 4matic,
#
mercedes-benz,
#
a-class,
#
modifikasi resmi