MENU
icon label
image label
blacklogo

All-New Electric SUV Nissan untuk EV36Zero Diumumkan

JUL 02, 2021@13:00 WIB | 294 Views

1 Juli 2021 kemarin menjadi momen bersejarah bagi Nissan. Di mana Perusahaan Jepang tersebut menepis kekhawatiran soal nasib pabriknya di Sunderland pasca peristiwa Brexit. Kemarin Nissan mengumumkan EV36Zero, investasi £ 1 miliar untuk mengubah pabrik Sunderland menjadi pusat kendaraan listrik. Selain itu juga akan memiliki EV baru dengan investasi £ 423 juta.

Sejumlah media menyebut bahwa Crossover listrik ini akan menggantikan Nissan Leaf, tetapi peran itu sudah ada di Ariya. Anehnya, EV baru ini juga akan duduk di platform CMF-EV, yang akan membuatnya bersaing dengan Ariya jika memiliki ukuran yang sama. Untungnya, gambar teaser Nissan memberi kita beberapa petunjuk tentang seperti apa crossover listrik baru ini.

Pada gambar tampak kendaraan lebih rendah dan lebih panjang dari Nissan Ariya, menunjukkan label harga lebih tinggi. Itu adalah sesuatu yang dikonfirmasi oleh informasi tentang pabrik sel baru di sana.

Dikutip dari pernyataan resmi, Envision AESC akan menjadi mitra Nissan di EV36Zero – seperti halnya Renault. Ini akan memperluas pabriknya di Sunderland menjadi 9 GWh dengan investasi £450 juta. Dengan itu, 300 karyawan saat ini akan melihat 450 lagi bergabung dengan fasilitas tersebut. Masalahnya adalah bahwa kami memiliki informasi yang saling bertentangan tentang kapasitasnya di masa depan. Terlepas dari apa yang dinyatakan oleh siaran pers, gambar yang dibuat untuk meringkas informasi menyebutkan itu akan menjadi 7,5 GWh.

Saat media AutoEvolution menghubungi Nissan untuk mengklarifikasi hal tersebut, tetapi anggap saja apa yang dinyatakan oleh siaran pers lebih dapat diandalkan daripada yang diungkapkan gambar. Dengan 9 GWh, Nissan berniat memproduksi 100.000 unit EV baru ini di Sunderland. Dalam skema perhitungan, terungkap bahwa crossover listrik baru akan memiliki baterai 90 kWh, yang terbesar yang tersedia untuk Ariya.

Rupanya Nissan tidak akan mengekspor EV ini semudah mengirimkan Leafs saat Inggris menjadi bagian dari Uni Eropa. Sebuah kendaraan dengan margin keuntungan yang lebih tinggi memiliki lebih banyak kesempatan untuk bersaing di pasar lain dan untuk diekspor.

Itu akan menjadi fantastis baik untuk Nissan dan untuk Envision AESC. Pemasok baterai berencana untuk menginvestasikan £1,8 miliar di sana untuk memperluas kapasitas itu hingga 35 GWh dan tenaga kerja menjadi 4.500 orang pada tahun 2030.

Baik pabrik Sunderland maupun pabrik Envision AESC akan ditenagai oleh microgrid yang terdiri dari pembangkit listrik tenaga surya dan angin. Jaringan mikro itu sendiri akan membutuhkan £80 juta dan mencegah emisi 55.000 ton karbon dioksida di atmosfer. [asl/timBX]

Tags :

#
all-new electric suv nissan,
#
suv listrik,
#
nissan,
#
suv,
#
ev36zero,
#
mobil listrik