MENU
icon label
image label
blacklogo

All-new BMW X3 Dirakit di Indonesia, Kualitasnya?

JUL 19, 2018@09:30 WIB | 604 Views

BMW group Indonesia telah merilis All-new BMW X3 rakitan dalam negeri pada April 2018 lalu. Hingga saat ini perakitan terus berlangsung, dan bahkan perakitan untuk kendaraan BMW telah ditingkatkan sejalan dengan penambahan investasi sebesar Rp 20 Miliar di Pabrik perakitan milik PT Gaya Motor.

(Kualitas perakitannya dengan teknologi mutakhir)

Sejalan dengan itu timbul pertanyaan, apakah kualitas All-new BMW X3 CKD sejalan dengan kualitas All-new BMW X3 CBU?

Jodie O'tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia mengatakan bahwa mengenai kualitas, BMW Group Indonesia memiliki integritas tinggi untuk kepuasan pelanggan BMW. Selain itu, menurutnya pasar Indonesia juga menyukai tipe CKD.

“BMW Group Indonesia senantiasa menjaga kualitas kendaraan dengan baik. All-new BMW X3 CKD memiliki komposisi yang sama dengan model CBU. Tidak ada yang berbeda, karena kami juga disini memiliki Supervisor dari luar negeri yang juga memantau pekerja yang merakit semua kendaraan BMW,” kata Jodie O'tania.

Disinggung mengenai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), dirinya mengatakan bahwa produksi seluruh kendaraan BMW telah memiliki TKDN. Namun ia tidak merinci berapa persen jumlah TKDN yang digunakan.

(Ditambah dengan kualitas pekerja yang terampil)

“Mengenai TKDN kita juga punya, seperti kabel yang digunakan, dan tenaga kerja juga 100 persen dari Indonesia. tapi kami belum bisa memberikan data pastinya berapa persen yang digunakan. Pastinya, regulasi pemerintah mengenai syarat perakitan otomotif di Indonesia kami patuhi,” kata Jodie O'tania.

Selain itu, sebanyak 15 tenaga ahli dari berbagai negara seperti AS, Jerman, India, dan Thailand didatangkan untuk mengawasi pekerja di BMW Production Network 2. Tidak hanya itu, para pekerja di pabrik ini juga dikirim keluar negeri untuk mempelajari teknik perakitan dan penguasaan perakitan kendaraan seluruhnya.

Lebih lanjut, menurutnya BMW rakitan lokal tentunya memiliki kelebihan sendiri, karena selain kualitasnya dan spesifikasi sama dengan CBU, harga yang diberikan juga lebih murah. Selain itu, tambahan lainnya seperti BMW Service Inclusive 5 tahun/60.000 Km, garansi tiga tahun tanpa batasan km, dan BMW Tire Coverage selama 3 tahun.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
bmw,
#
assembly,
#
gaya motor,
#
all-new bmw x3