MENU
icon label
image label
blacklogo

Aliansi Honda Dan GM Untuk Kembangkan Mobil Listrik di Amerika

SEP 04, 2020@14:30 WIB | 387 Views

Maret lalu, General Motors mengumumkan beberapa rencana yang sangat ambisius untuk rangkaian kendaraan listrik baru, termasuk GMC Hummer EV yang akan didasarkan pada arsitektur paket baterai baru yang hemat biaya yang disebut "Ultium". Desain baterai modular ini menarik perhatian Honda Motor Company, dan keduanya memutuskan untuk menandatangani perjanjian untuk bersama-sama mengembangkan sepasang kendaraan baterai-listrik menggunakan teknologi GM Ultium.

Sekarang muncul berita bahwa Honda dan GM telah menandatangani nota kesepahaman yang tidak mengikat untuk membentuk aliansi strategis di Amerika Utara, yang merupakan peningkatan dramatis dari perjanjian mereka sebelumnya. Keduanya akan menjajaki kemungkinan berbagi platform kendaraan dan sistem propulsi, serta berbagi teknologi dan penelitian inovatif.

Aliansi ini dibangun di atas hubungan yang sudah berhasil antara dua raksasa otomotif dan berupaya menggabungkan kekuatan dalam segala hal mulai dari pembelian kooperatif hingga penelitian, pengembangan, dan layanan terkait.

Di bawah aliansi yang diusulkan, Honda dan GM dapat bekerja sama dalam berbagai proyek dan akan berbagi sistem propulsi pembakaran internal dan berlistrik. Segalanya bergerak cepat, dan sudah ada rencana untuk pekerjaan teknik yang akan dimulai pada awal 2021. Pengumuman ini menindaklanjuti kesepakatan yang ditandatangani pada bulan April untuk membangun dua kendaraan listrik baru yang didukung oleh teknologi baterai Ultium GM. Hubungan antara keduanya membentang kembali dua dekade dan mencakup kemajuan dalam baterai sel bahan bakar dan pengemudi otonom.

"Aliansi ini akan membantu kedua perusahaan mempercepat investasi dalam inovasi mobilitas di masa depan dengan membebaskan sumber daya tambahan. Dengan rekam jejak kolaborasi yang kuat, perusahaan akan mewujudkan sinergi yang signifikan dalam pengembangan portofolio kendaraan saat ini," kata Mark Reuss, presiden General Motors.

Aliansi ini tidak hanya akan mendorong teknologi baru, tetapi juga akan "menghasilkan efisiensi biaya yang substansial dari platform kendaraan dan sistem propulsi bersama." Penghematan biaya ini akan fokus pada sumber bahan, logistik, dan strategi lokalisasi bersama dan akan memungkinkan kedua merek untuk berinvestasi lebih lanjut dalam teknologi masa depan. Upaya R&D gabungan dari kedua perusahaan akan melihat perluasan besar-besaran dalam kemampuan, dan untuk saat ini, keduanya akan memfokuskan upaya pada arsitektur kelistrikan, sistem bantuan pengemudi yang canggih, infotainment, konektivitas, dan komunikasi kendaraan-ke-segalanya.

Sistem keselamatan OnStar GM sudah direncanakan untuk diintegrasikan dengan sistem HondaLink milik Honda, dan integrasi lebih lanjut direncanakan. Semua aspek aliansi akan diatur oleh komite bersama yang terdiri dari eksekutif senior dari kedua perusahaan. Dan diharapkan mobil pertama dari aliansi ini sudah bisa dijual pada tahun 2024 mendatang. [ibd/timBX]

Tags :

#
general motors,
#
mobil listrik,
#
gmc hummer ev,
#
honda,
#
ultium