MENU
icon label
image label
blacklogo

Alasan Ferrari Produksi V8 SF90 dan V12 yang Iconik

SEP 11, 2019@20:00 WIB | 277 Views

Ferrari SF90 Stradale kami sebut sebagai masterpiece supercar yang sudah dibekali teknologi modern. LaFerrari sudah digantikan dengan SF90 Stradale terkait mesin 4.0 liter yang dikawinkan dengan motor electric alias hybrid. Mungkin pertanyaan besarnya adalah apa yang mendorong Ferrari menerapkan teknologi plug in hybrid?

Adalah Michael Hugo Leiters, Chief Technologi Officer Ferrari menjelaskan bahwa SF90 Stradale adalah satu-satunya yang berpenggeral all wheel drive.  Pernyataan Leiters tersebut dikutip dari wawancara Autocar yang dikutip dilaman Drivetribe.com.

SF90 menggunakan dua motor listrik untuk gandar depan (front axle)  sedangkan sektor mesin mendorong roda belakang, seperti yang dianut oleh mobil performance lainnya. Disisi lain penambahan baterai dan motor listrik memang menambah beban berat, namun disisi lain menambahkan performance menjadi 986 hp. 

Soal akselerasi, SF90 meluncur cukup cepat, hanya butuh 2,5 detik untuk mencapai 100km/jam dari keadaan diam. Sedangkan untuk kecepatan di 200 km/jam hanya 6,7 detik. "Itu didorong berkat motor pada gandar depan yang menambah torsi vectoring. Tentu memberikan keuntungan dinamis yang setara dengan pengurangan beban 200 kg saat kecepatan rendah dibawah 200 kpj," jelas Leiters.

Para insinyur Ferrari condong untuk untuk mempertimbangkan kebijakan konvensional, dalam merekasaya SF90 Stradale. Hal itu menandakan bahwa implan hybrid tidak menghalangi ukuran wheelbase yang pendek, atau  pusat gravitasi yang rendah.

Ferrari SF90 Stradale ditenagai oleh 4.0L V8 dengan 769 tenaga kuda dan torsi 590 lb-ft, tetapi tiga motor listrik tambahan menambah tenaga sebesar 217 HP. Dua motor listrik memberikan tenaga pada roda depan, sedangkan satu motor listrik dipasang di bagian belakang, dengan kata lain mobil sport ini memiliki penggerak di semua bannya (4WD).  

Bagaimana dengan mesin V12 yang cukup ikonik? Ferrari tidak serta merta memutus rantai mesin V12, dimana itu tetap dipertahankan. Sambil menunggu regulasi atau perubahan market, Ferrari tetap setia mengembangkan mesin besar, dan market menyambutnya dengan cukup positif, dan itu dibuktikan dengan keuntungan Ferrari yang terus tinggi diantara pemasuk mobil sport dunia.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
ferrari,
#
ferrari sf90,
#
ferrari hybrid,
#
ferrari v8,
#
ferrari v12