MENU
icon label
image label
blacklogo

Ako Electric Trike Dapat Melaju Hingga 240 kpj

MAY 18, 2020@19:25 WIB | 111 Views

Mungkin motor yang memiliki tiga buah roda masih belum memiliki banyak peminat layaknya sepeda motor konvensional. Kendati demikian, AKO Trike dari perusahaan startup AKO yang berbasis di Lithuania, yang memiliki sebuah tim yang hanya terdiri dari lima desainer dan insinyur telah bekerja keras untuk mewujudkannya.

Baru baru ini, AKO mengumumkan bahwa mereka sedang menjalani tes untuk prototipe kedua, dengan pengembangan besar yang ditambahkan pada iterasi sebelumnya kemampuan untuk memiringkan kendaraan ini pada kecepatan tinggi.

Digambarkan sebagai kendaraan yang berada diantara mobil dan sepeda motor yang secara teori, akan terasa seperti mengendarai pesawat terbang. AKO Trike hadir dengan mekanisme paten yang tertunda yang memungkinkannya untuk bersandar hingga 30 derajat secara bergantian, ketika bepergian dengan kecepatan lebih tinggi.

"Mekanisme didasarkan pada mekanika murni dan memungkinkan kendaraan untuk bersandar dengan hanya memiringkan poros kemudi dan dalam kasus kecepatan yang lebih rendah Anda cukup memutar roda kemudi seperti pada mobil biasa dan kendaraan akan mengarahkan dengan normal," AKO's Jurgis Lecas menjelaskan. “Ini sangat unik, maksud saya hanya tujuh orang yang pernah mengendarai kendaraan seperti itu dan salah satunya adalah saya. Itu seperti pesawat ruang angkasa. Diatas roda."

AKO terasa seperti pesawat ruang angkasa di atas roda karena sepeda motor ini dapat melaju dengan sangat cepat, para perancang mengatakan motor ini menggunakan baterai berkapasitas 140-kW yang akan menghasilkan kecepatan tertinggi 240 kpj, mereka juga berpikir bahwa kecepatan tertinggi akan dibatasi secara elektronik di Eropa, sehingga torsi puncak akan memiliki output sekitar 600 hingga 700 Nm.

"Pengganggu pasar sejati, sepenuhnya mendefinisikan ulang segmen kendaraan antara sepeda motor & mobil," kata AKO di situs resmi. “Sebuah kendaraan yang memperkenalkan jenis kemampuan manuver baru karena mampu condong ke tikungan serta hanya mengemudi pada kecepatan yang lebih rendah. Memungkinkan pengendara untuk mengalami sesuatu yang menakjubkan & sangat menyenangkan sementara pada saat yang sama memberikan fitur penting untuk perjalanan perkotaan sehari-hari. "

Fitur-fitur penting termasuk banyak ruang di dalam untuk pengendara dan penumpang, dengan penumpang naik di belakang, dan bahkan beberapa ruang kargo. Ia juga menawarkan visibilitas menyeluruh. Keselamatan sangat penting, sehingga AKO Trike hadir dengan airbag depan dan samping, serta sabuk pengaman empat titik. Bagaimanapun, ini adalah sepeda motor roda tiga yang dimaksudkan untuk melaju secepat sepeda motor dan mobil sungguhan.

Dengan berat 450 kg, AKO Trike akan dibekali dengan baterai 26kWh yang akan memberikan kisaran jarak tempuh sekitar 300 km, AKO Trike akan memenuhi syarat sebagai kendaraan L5e, yang berarti memerlukan SIM untuk mengoperasikannya.

Lecas mengatakan bahwa tim fokus pada memberikan kendaraan yang beroperasi seperti sepeda motor sport, tetapi dengan kenyamanan ekstra. “Kami menjaganya agar tetap sporty, luxury,” jelasnya.

Karena proyek ini masih sangat banyak dalam pengembangan dan prototipe akhir bahkan belum dilakukan, tidak ada rincian tentang harga yang telah dipublikasikan, tetapi beberapa sumber mencatat bahwa satu Trike dapat dijual dengan harga antara € 20.000 dan € 24.000, yaitu sekitar Rp.322.158.226 hingga Rp.386.589.871. [rid/asl/timBX]

Tags :

#
ako electric trike,
#
perusahaan startup ako,
#
motor tiga roda

RELATED ARTICLE