MENU
icon label
image label
blacklogo

Akhirnya Penerus Subaru Generasi Kedua BRZ Terkuak, Mesin FA 24 Bertenaga 217 Hp Non Turbo

APR 26, 2020@12:00 WIB | 206 Views

Delapan tahun berlalu sejak kelahiran Subaru BRZ dan GT86  di pusat perakitan Ota Plant,  Gunma,  Jepang. Semester kedua  2020  bakal menjadi debut baru generasi  kedua, itu menandakan Subaru bakal menyetop permintaan sports car bermesin boxer ini. 
 

Informasi ini datang dari Subaru Tokyo,  perusahaan ini menugaskan dealer di Tokyo dan sekitarnya. Sementara sebagian lineup BRZ di Jepang menampilkan menggunakan transmisi manual 6 percepatan  dan transmisi otomatis 6 percepatan dari varian BRZ R hingga STI Sport. Informasi ini benar-benar mengabarkan sosok generasi penerus BRZ Gen 2.



Best Car Magazine mengabarkan mesin boxer FA20 bakal digantikan dengan mesin F24 yang lebih dulu digunakan varian Crossover Ascent,  Mid-Size 4 silinder Boxer.  Dengan kata lain, tidak akan menggunakan turbocharger, seperti utility 3 baris dari Subaru.  Sebagai tenaga penggantinya ekspektasi tenaga dikisaran 228 PS dan tambahan 24,5 kg dari mesin non turbo.   Equivalen dengan tenaga 217 hp dan torsi 238 Nm. 


"Sesederhana  itu,  tambahan 0,4 liter secara keseluruhan?"  Kemungkinan besar tidak menggunakan teknologi induksi paksa, bila dibandingkan dengan mesin FA24 turbocharged pada varian Ascent. Dengan turbocharged tenaga mesin 2,4 liter itu menghasilkan tenaga hingga 260 hp dan torsi 375 Nm.  



Diluar  mesin,  pihak Best Car tidak menjelaskan sasis baru telah dipersiapkan Toyota  sebagai Toyota New Global Architecture  (TNGA), untuk BRZ dan 86.  Sebaliknya basis package masih dipertahankan dari model sebelumnya.  Sedangkan penyegaran model generasi pertama didasarkan pada modifikasi arsitektur mobil  dari generasi  sebelumnya Impreza.  Menurut sumber lain yang berkaitan dengan produsen Jepang,  Subaru Global Platform tidak bisa dikonversi menjadi mobil dengan penggerak roda belakang. 
 

Best Car juga mengklaim,  Gen-2 BRZ bakal menggunakan transmisi  otomatis. "Bukan sebuah evolusi radikal dari evolusi speknya" tanpa ada rincian lebih lanjut.   Spesifikasi angka transmisi telah terinci,  dimana sumber tersebut  yakin transmisi yang digunakan menggunakan 6  tingkat percepatan manual,  atau 8 tingkat percepatan otomatis  dari Aisin.  Jadi klaim ini  menepis kemungkinan  penggunaan transmisi Direct Shifr-10AT yang pernah diluncurkan Toyota pada akhir 2016. 



Dengan catatan paling tidak GT86 bakal mengadopsi nama baru menjadi GR 86 yang bakal meluncur Juli 2021, berdasarkan presentasi internal Toyota. Sementara BRZ gen-2  sudah dipastikan meluncur lebih dulu pada musim semi mendatang. [Ahs/timBX]

Tags :

#
subaru brz gen-2,
#
subaru sportscar,
#
toyota gr 86

RELATED ARTICLE