MENU
icon label
image label
blacklogo

Aerodinamika Aktif Gaya Supercar Bantu Pengemudi Bisa Jangkau Banyak Hal

OCT 22, 2020@09:30 WIB | 247 Views

Komunitas hypermiling memiliki satu kesamaan dengan para pembalap, yaitu sebuah obsesi pada aerodinamika. Baik hypermiler dan pembalap suka merekatkan segala hal didekatnya.

Mobil balap berkelas memiliki elemen aerodinamis aktif yang mampu mengubah posisi berdasarkan kecepatan dan input pengemudi, dengan sayap yang rata untuk mengurangi hambatan pada trek lurus yang panjang dan kurva kembali ke atas untuk meningkatkan downforce, dan sekarang pemasok otomotif seperti Magna International menggunakan jenis aerodinamika aktif yang sama untuk meningkatkan efisiensi pengemudi harian.

Kecemasan pelanggan telah menjadi isu diantara produsen kendaraan listrik, dengan sisi lain pasar mengumumkan keunggulan dalam hal daya tahan bahan bakar berbanding lurus dengan jarak tempuh. Meski begitu, efisiensi yang lebih ketat menjadi konsen seluruh industri dan fakta bahwa pengeluaran yang lebih sedikit untuk bahan bakar diinginkan oleh semua orang, yang berarti bahwa teknologi Magna dapat diterapkan pada semua jenis kendaraan.

Banyak dari solusi ini akan terlihat sangat familiar, terutama bagi pemilik supercar. "Aktif" berarti elemen aerodinamis ini bergerak, tidak berbeda dengan sayap belakang McLaren P1. Namun alih-alih McLaren, sayap belakang pop-up Magna sedang diuji wind-tunnelpada Jeep Grand Cherokee.

Sistem dari Magna mengatur banyak hal secara efisien, sehingga menghaluskan bagian depan kendaraan. Deflektor roda depan yang aktif muncul di depan roda depan untuk mengarahkan udara ke sekitar lubang roda. Ada panel bagian bawah bodi mobil aktif yang dapat menyembul untuk bertindak sebagai bendungan udara di bagian depan untuk memandu aliran udara di bawah kendaraan.

Spoiler belakang aktif membawa udara di belakang mobil, meningkatkan efisiensinya. Diffuser belakang aktif dapat mengarahkan udara yang masuk ke bawah kendaraan, menuju udara yang diarahkan ke bawah oleh spoiler belakang aktif.

Menggunakan spoiler belakang dan diffuser bersama-sama membuat perbedaan terbesar diikuti dengan efek deflektor roda depan. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aerodinamika aktif,
#
aerodinamika supercar,
#
supercar,
#
mobil balap