MENU
icon label
image label
blacklogo

Ada Yang Dibuat Dari Komponen Pesawat, Ini Dia 4 Motor Pertama Dari Pabrikan Big 4 Jepang

APR 27, 2022@17:20 WIB | 183 Views

Kita bisa sepakat bahwa sepeda motor buatan Jepang saat ini telah melampaui sepeda motor buatan Eropa maupun Amerika Serikat dalam hal performa, durabilitas, serta kemudahan untuk dikendarai. Ini terlihat dari gelaran sepeda motor di seluruh dunia yang didominasi oleh sepeda motor buatan pabrikan asal Jepang. Contohnya di ajang MotoGP, hampir setiap musim pada gelaran MotoGP modern dimenangkan oleh pabrikan asal Jepang seperti Yamaha, Honda, atau Suzuki.

Dominasi sepeda motor Jepang di dunia saat ini tentu saja tidak terjadi secara instan, butuh waktu yang panjang untuk bisa menjadi seperti sekarang. Beberapa sepeda motor pertama yang dibuat oleh pabrikan-pabrikan ini bisa dikatakan adalah motor dengan performa yang payah jika dibandingkan dengan motor saat ini, bahkan ada yang hanya dapat memuntahkan tenaga sebesar 1 hp. Walau demikian, motor-motor ini adalah peletak dasar dari superioritas pabrikan sepeda motor asal Jepang saat ini.

Berikut ini adalah motor pertama dari pabrikan big 4 Jepang:

1. Honda

Berawal dari sepeda yang diberikan mesin, Honda akhirnya menjadi salah satu pabrikan sepeda motor yang besar saat ini. Motor pertama yang dinamai Tipe-A ini menggendong mesin  50 cc dan menghasilkan 1 hp pada 5000 rpm.

Pada bulan Februari 1948, Soichiro Honda mendirikan pabrik mesin baru di Noguchi-cho. Pada tanggal 24 September tahun yang sama, Honda mereorganisasi perusahaannya dan menamai perusahaannya Honda Giken Kogyo (Honda Motor Company)

2. Kawasaki

B8 adalah sepeda motor pertama yang dibangun sepenuhnya dari komponen Kawasaki. B8 didasarkan pada Meihatsu B7 yang menggunakan mesin Kawasaki.

Kawasaki B8 konon sangat populer di Jepang karena durabilitas dan harganya yang murah. Mesin dua tak berkapasitas 125cc yang dapat menghasilkan 11 hp pada 8.000 RPM dan dirancang berdasarkan pengetahuan teknik dari Kawasaki Aircraft. Ini dibuktikan dengan emblem di tangki bensin B8 bertuliskan "Kawasaki Aircraft".

3. Suzuki

Dirilis pada Maret 1953, Diamond Free terbukti sangat populer, dengan mekanisme roda sproket ganda untuk menghindari kehilangan daya. Dengan transmisi 2 percepatan dan output hanya 2 ps di 4.000 rpm, motor pertama dari Suzuki ini memiliki kecepatan maksimum 60km/jam.

Raihan kemenangan dalam perlombaan mendaki bukit Gunung Fuji menyebabkan lonjakan drastis permintaan untuk Suzuki Diamond Free. ledakan permintaan ini menuntut Suzuki untuk meningkatkan kapasitas mesin Diamond Free dari 60 cc menjadi 70 cc

4. Yamaha

Yamaha YA-1 adalah sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company. Motor ini dibuat dari tahun 1955 hingga 1958. YA-1 juga merupakan sepeda motor pertama di Jepang yang memiliki sistem starter kick utama yang memungkinkan mesin untuk dihidupkan dengan transmisi pada gigi.

Dari segi jantung mekanis, motor pertama Yamaha ini mengusung mesin dua tak satu silinder berkapasitas 123 cc dengan output tenaga 5,5 hp dan torsi 9,4 Nm. Society of Automotive Engineers of Japan, memasukkan Yamaha YA-1 1955 sebagai salah satu dari 240 Teknologi Otomotif Jepang paling berpengaruh.

Tags :

#
honda a-type,
#
kawasaki b8 125 cc,
#
suzuki diamond free,
#
yamaha ya-1

RELATED ARTICLE