MENU
icon label
image label
blacklogo

Acciona Berbasis EV Selesaikan 80 persen Rally Dakar 2016

JAN 26, 2017@14:00 WIB | 292 Views

Disaat kampanye mobil listrik (electric vehicle) bertubi-tubi dan siklusnya tengah berpindah ke versi produksi.  Beberapa perusahaan mengandalkan keunggulan masing-masing mobilnya, tentang  futuristic cabin, dan autonomous.

Namun, mobil Acciona yang dirancang oleh Acciona R&D and Innovation Department yang bermarkas di Vilanova del Valles di Barcelona, telah mengikutsertakan mobilnya untuk rally Dakar.

EV Acciona dengan konsep EcoPowered mampu menghasilkan power 340 hp, dengan dibekali six ultra-fast charging lithium battery modules sebesar 150 kWh, didukung dengan solar panel  berkekuatan 100 Watt. 

EV Acciona telah dibekali gearbox sequential 6 percepatan. Setiap baterai dapat diisi secara individual pada saat pit stop. Cukup kencang dan gahar dalam rally, didukung dengan ban low-rolling resistance yang mampu meningkatkan jangkauan. Meski telah tiga kalinya Acciona mencoba menyelesaikan rally Dakar, namun di tahun 2015, mobil ini gagal menyelesaikan etape yang diharus diselesaikan, tim kemudian bergeser fokus untuk menyelesaikan Oilybia International Morocco Rally.

Berpengalaman dari tahun tersebut, pada tahun 2016 kemarin, hebatnya mobil ini telah menyelesaikan 12 stage dari keseluruhan rally atau sekitar 80% dari lomba keseluruhan, sayang terlalu pendek untuk memasuki garis finish.

Acciona menempati peringkat ke-57 tahun 2016, dan prestasi itu akan membawa tim melintasi rally tahun 2017 sebagai mobil reli pertama dengan nol emisi. Karena sekitar 25% dari peserta telah gagal menyelesaikan lomba.

Ariel Jaton, driver Acciona menyampaikan,”Dakar tahun ini cukup sangat sulit, dengan cuaca yang sangat ekstrim dan ketinggian lokasi di Bolivia. Ini merupakan race paling melelahkan di Amerika Selatan. Jadi kamipun sangat senang telah mencapai garis finish, dengan mobil nol emisi ini.”

Di kelas mobil berbahan bakar bensin, Peugeot 3008 DKR  menempati peringkat 3 keatas, dengan driver Stephane Peterhansel dibelakang Sebastien Loeb berjarak 5 menit. Sedangkan peringkat pertama dan kedua kategori truk diraih oleh Kamaz. Sementara Sam Sunderland menduduki peringat pertama kategori roda dua dengan motor KTM-nya.[Ahs/TimBx]

Tags :

#
acciona,
#
acciona ev,
#
electric vehicle,
#
mobil listrik,
#
rally dakar 2016,
#
rally dakar,
#
rally