MENU
icon label
image label
blacklogo

ABT XGT, Mobil Balap Audi R8 GT2 Versi Jalan Raya Seharga Rp 10 Miliaran

NOV 26, 2023@10:30 WIB | 273 Views

Audi mengucapkan selamat tinggal pada R8 dengan meluncurkan edisi terbatas GT RWD sebanyak 333 coupe. Jika edisi khusus tersebut belum cukup liar, ABT Sportsline telah mengembangkan versi supercar yang benar-benar luar biasa. Disebut XGT, yang pada dasarnya adalah mobil balap jalanan karena berbasis R8 GT2 namun legal untuk jalanan.

Sama seperti R8 GT RWD, ABT XGT juga menyalurkan tenaga V10 secara eksklusif ke roda belakang. Tenaganya lebih besar karena mesin 5.2 FSI telah menghasilkan tenaga 630 hp sedangkan Audi hanya 612 hp. Memanfaatkan serat karbon secara berlebihan telah berhasil menurunkan bobotnya menjadi 3.086 pon (1.400 kilogram). Itu lebih ringan 375 lbs (170 kg) dibandingkan R8 GT RWD.

ABT menjelaskan dibutuhkan waktu dua tahun untuk mengembangkan XGT setelah menunggu berbulan-bulan hingga proyek tersebut disetujui oleh atasan. Diinformasikan bahwa ini bukanlah supercar yang dimodifikasi agar terlihat seperti mobil balap, melainkan mobil balap sungguhan dengan pelat nomor jalanan legal. Ini "hanya sedikit berbeda dari Audi R8 LMS GT2 " dan setiap kendaraan akan menjadi unik dengan memungkinkan pemilik untuk menyesuaikannya sepenuhnya.

Anda dapat mengetahui keasliannya dengan melihat ke dalam kabin yang dilucuti di mana terdapat roll cage penuh dan roda kemudi yang sama dengan yang ditemukan pada mobil balap GT2 sebenarnya. Karena tujuannya ingin menjadi mobil yang legal di jalan raya, ABT menambahkan central locking, kamera spion, dan rem tangan, serta pemasangan instrument cluster digital biasa. Untuk alasan yang sama, kini terdapat kontrol untuk AC, lampu sein, dan kaca spion yang dapat disetel secara elektrik di panel kontrol yang dimodifikasi.

Selain itu, penyesuaian pada manajemen termal, perangkat lunak, pengereman, dan sistem bahan bakar juga dilakukan tanpa menyimpang dari mesin GT2. Tentu saja, ada juga sistem pembuangan yang berbeda, yang memenuhi peraturan emisi yang diperlukan agar layak digunakan di jalan raya. Perubahan tambahan dilakukan untuk mematuhi tingkat kebisingan. Tergantung pada sudut sayap belakang yang besar, kecepatan tertinggi mobil ini adalah 193 mph (310 km/jam).

ABT menawarkan XGT dalam empat warna standar tetapi pembeli dapat meminta mereka mengecat mobil dengan warna berbeda. R8 hardcore ini menggunakan velg depan 19 inci dan belakang 20 inci dengan ban Pirelli P Zero Trofeo R dan dilengkapi dengan tangki bahan bakar 83 liter (21,9 galon). Harga? ABT XGT Ditawarkan sekitar €598.000, atau sekitar Rp 10,1 miliaran dengan nilai tukar saat ini. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
audi r8 gt2,
#
audi r8,
#
audi,
#
audi xgt,
#
abt sportsline