MENU
icon label
image label
blacklogo

6 Muscle Car Iconic Keluaran Plymouth

DEC 08, 2021@16:00 WIB | 404 Views

Plymouth masuk pasar mobil sport pada 1928. Saat itu bersaing dengan merek-merek mobil ternama seperti Ford, Chevy, Cadillac, dan lain sebagainya. Diproduksi oleh Chrysler Corporation, Plymouth berhasil memberikan history sehingga sampai saat ini mobil-mobilnya masih diincar para kolektor. 

Salah satu model Plymouth yang membuatnya naik dimulai dari muscle car, Mopar, yang masuk di tahun 1962. Memiliki target anak muda, Plymouth mengkombinasi lini kendaraan ringan yang dimilikinya, dengan biaya lebih rendah dan powertrain Chrysler (B-/RB-series wedge, 413-426ci Max Wedge), mendorongnya masuk daftar hot rodders. Berikut enam mobil muscle Plymouth yang perlu diketahui.

Plymouth Fury I-II-III / Belvedere / Savoy (1962-1967)

Bisa dikatakan mobil Plymouth pertama yang memiliki kinerja tinggi adalah pengangkut keluarga berukuran sedang yaitu Savoy, Belvedere, dan Fury. Tidak sengaja dirancang sebagai hot rod, ini adalah bagian dari line-up perantara B-Body baru Chrysler yang menampilkan desain ramping dan kokoh. Chrysler juga terus mengupgrade powertrain untuk menghasilkan kinerja tinggi hingga akhirnya Belvedere 1967 mulai menggunakan GTX dengan 440ci Super Commando atau 426ci Street Hemi.

Plymouth Road Runner (1968-1974)

Memulai debutnya 1968, dengan basis Belvedere 1967 dengan GTX. Berorientasi pada anak muda, klakson bip-bip, dan harga murah. Terinspirasi dari pesawat, Road Runner memiliki gaya kencang dengan kompresi tinggi 4bbl dengan 383ci blok besar. Tiga tahun pertama produksi (1968-1970) Road Runner terbukti paling populer. Terus mengalami peningkatan dari B-Body hingga menggunakan F-Body (Volare).

Plymouth Superbird 1970

Salah satu era mobil otot terbaik yaitu Plymouth Superbird yang hanya satu tahun berjalan. Varian Road Runner ini merupakan model yang ditinggikan dalam jajaran Belvedere berukuran sedang. Kekuatannya mampu lolos di super speedways berliku-liku dalam kompetisi NASCAR dan USAC. Bantuan aerodinamis untuk membantu Superbird mencapai keunggulan datang dalam bentuk nosecone, sayap dek belakang yang ditinggikan, dan adanya saluran di atas spakbor. 

Plymouth Barracuda A-Body (1964-1969)

Plymouth menciptakan segmen pasar baru dengan Barracuda. Dengan mengambil platform kompak terjangkau, memberikannya bentukan mobil sport Eropa dengan harga menarik. Mesin V-8 kecil di bawah kap yang diabngun diatas platform Chrysler A-Body yang ringkas. Plymouth Barracuda ringan memiliki reputasi kinerja yang solid dengan ukuran mesin dan tenaga yang meningkat selama bertahun-tahun. 

Plymouth Duster A-Body (1970-1976)

Plymouth baru dipasarkan sebagai model dalam line-up Valiant pada tahun 1970. Plymouth Duster identik dengan sedan Valiant dari cowl forward, dengan spakbor, gril, dan garis bodi Valiant. Meski begitu, gaya fastback Duster lebih sporty dari Valiant. Duster juga cocok dengan pemasaran anak muda karena harga terjangkau, penampilan bagus dan kinerja tinggi dengan V-8 blok kecil seri LA 340 dan 360ci.

Plymouth Barracuda E-Body (1970-1974)

Platform E-Body sebagian besar merupakan sisa dari B-Body menengah, tetapi dengan jarak sumbu roda yang lebih pendek - 108 inci. Ini mengatasi kelemahan kinerja terbesar pada Barracuda sebelumnya karena rel subframe depan yang sempit sehingga membatasi aliran gas buang dan output daya. Sasis E-Body lebih besar dari A-Body sehingga bisa memberikan ruang untuk powertrain round-up paling kuat. [geo/zzz/timBX]

Tags :

#
plymouth,
#
muscle car