MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Produsen Otomotif Ternama Eropa Membeku Gegara Corona

MAR 19, 2020@18:00 WIB | 194 Views

Wabah virus Corona atau Covid-19 menjadi pukulan besar bagi perusahaan-perusahaan otomotif dunia. Atas nama keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan karyawan perakit mobil, perusahaan raksasa otomotif terpaksa membekukan aktifitas pabriknya di Eropa.

Eropa, oleh WHO (World Health Organization’s) dinyatakan sebagai pusat baru penyebaran Corona dengan jumlah kasus yang dilaporkan tumbuh signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Jumlahnya diperkirakan masih akan meningkat cepat.

Maka menangguhkan produksi di pabrik telah diambil oleh sejumlah perusahaan otomotif ternama seperti Volkswagen, Ford, Rolls-Royce, Daimler, dan Airbus. Pembekuan pabrik ini diterapkan karena Eropa telah dilanda situasi mengkhawatirkan yang belum pernah terjadi dalam beberapa puluh tahun terakhir.

1) Volkswagen Bekukan Pabrik Dua Pekan

Volkswagen (VW) sebuah pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman memutuskan melakukan penangguhan produksi di seluruh pabriknya selama dua pekan.

Pabrik-pabrik milik perusahaan terbesar di Eropa ini yang terpaksa ditutup termasuk yang terletak di Italia (memproduksi Lamborghini dan Ducati), Spanyol (memproduksi mobil ekonomi) dan Portugal (memproduksi SUV). Termasuk pabrik terbesar VW di Wolfsburg, Jerman. Dari seluruh pabriknya di Eropa itu, VW mempekerjakan 475.000 karyawan.

"Mengingat penurunan (penjualan) yang signifikan saat ini dan meningkatnya ketidakpastian mengenai pasokan suku cadang ke pabrik kami, produksi akan ditangguhkan (ditunda) dalam waktu dekat." Kata CEO Volkswagen (VLKAF) Herbert Diess, Rabu (18/3/2020).

2) Indahkan WHO, Produksi Ford Ditangguhkan

Sebagaimana VW, Ford menangguhkan produksinya di seluruh pabrik di Eropa. Ford mulai berlakukan penangguhan sementara waktu ini efektif sejak Kamis, 19 Maret 2020. Ford berharap upaya mencegah penyebaran virus Corona berlanjut dalam beberapa minggu hingga situasi dianggap kembali kondusif.

Ford mengambil tindakan ini sesuai dengan ketetapan WHO yang menyatakan Eropa darurat Corona. Keputusan Ford untuk memberikan kontribusi terhadap upaya penanggulangan Corona. “Kendati dampak Corona di tempat produksi kami masih terbatas, efeknya terhadap karyawan, dealer, pemasok, dan pelanggan kami, serta masyarakat Eropa pada umumnya, ini belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Presiden Ford Eropa, Stuart Rowley.

Pabrik Ford di Cologne dan Saarlouis, Jerman, bersama dengan fasilitas Craiova di Rumania, juga ditangguhkan produksi sementara waktu mulai Kamis, 19 Maret 2020. Sementara perakitan dan mesin Ford di Spanyol telah berhenti produksi sejenak sejak Senin, 16 Maret 2020 lalu, setelah ada tiga pekerka dinyatakan positif Corona akhir pekan lalu.

3) Rolls-Royce: Dua Pekan Tanpa Produksi

Produsen mobil ternama yang berpusat di Inggris, Rolls-Royce, juga membekukan aktifitas produksi di pabrik pusat Goodwood selama dua minggu. Penangguhan dimulai hari Senin, 23 Maret 2020 pekan depan.

Pihak perusahaan menyebut tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya tersebut, dijalankan setelah langkah-langkah tambahan diperkenalkan oleh Pemerintah Inggris untuk mengatasi pandemi Corona atau Covid-19.

Chief Executive Officer, Rolls-Royce Motor Cars, Torsten Müller-Ötvös, mengatakan, “Tindakan ini tidak dianggap enteng, tetapi kesehatan dan kesejahteraan tenaga kerja kami yang luar biasa adalah yang pertama dan terpenting dalam pikiran kami. Kami adalah komunitas yang sangat erat di Home of Rolls ‑ Royce dan saya sama sekali tidak meragukan ketahanan kami yang kuat selama masa yang luar biasa ini.”

4) Daimler

Sama seperti VW, Ford, dan Rolls-Royce, Daimler pun mengambil tindakan pembekuan aktivitas produksi di Eropa dalam dua pekan. Status Eropa debagai pusat penyebaran corona saat ini, dan lockdown yang dilakukan beberapa negara, memaksa Daimler mengambil langkah drastis itu.

Pemilik merek Mercedes-Benz mengatakan rencana penangguhan sebagian besar produksinya di Eropa itu dalam upaya menahan penyebaran Corona. Disamping itu demi kesehatan para karyawan di pabrik.

"Penangguhan ini berlaku untuk mobil, van, dan pabrik kendaraan komersial Daimler di Eropa dan akan dimulai minggu ini," kata pembuat mobil yang berbasis di Stuttgart itu, Selasa (17/3/2020) lalu.

5) Renault

Pada 16 Maret, Renault menghentikan produksi di fasilitas industrinya Prancis, yang memengaruhi 12 lokasi dan 18.000 pekerja. Pada 17 Maret bahwa mereka juga menutup pabriknya di Spanyol. Pada 18 Maret, merek mobil Rumania Dacia, yang dimiliki Renault, akan menghentikan produksi di pabrik Mioveni hingga 5 April.

Selain 5 produsen ternama tersebut, perusahaan-perusahan otomotof ternama lainnya juga tutup sementara. Seperti Ferrari, BMW, Fiat Chrysler, PSA Group, Volvo, dll. [Asl/timBX] Foto: Dari berbagai sumber

Tags :

#
ford,
#
rolls-royce,
#
renault,
#
volkswagen,
#
daimler