MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Pembalap MotoGP Tersukses Sepanjang Masa

JAN 26, 2022@17:00 WIB | 226 Views

Sejak 2001, MotoGP sebagian besar merupakan kisah dominasi oleh dua pembalap, Valentino Rossi dan Marc Marquez, yang masing-masing telah memenangkan total 13 gelar juara. Tentu saja, ada beberapa pembalap lain yang juga memenangkan kejuaraan balap motor terbesar ini beberapa kali pada tahun-tahun tersebut, tetapi sangat sedikit yang bisa menyaingi jumlah total gelar juara kedua pembalap ini.

Begitu mendominasinya kedua pembalap ini di gelaran MotoGP sehingga banyak yang dengan cepat mengatakan bahwa salah satu pembalap ini adalah yang terhebat sepanjang masa. Tapi, jika melihat lebih jauh lagi, meskipun kedua pembalap ini dominan di era modern, ada banyak lagi pembalap lain yang memiliki kisah sukses yang sama dengan Rossi dan Marquez. Siapa sajakah pembalap itu? Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 Pembalap MotoGP Tersukses Sepanjang Masa:

1. Geoff Duke: 4 Gelar

Bagian dari generasi pertama yang membangun fondasi balap Grand Prix, Duke adalah pembalap paling sukses di tahun-tahun awal ajang balap GP. Duke seakan menetapkan standar yang kemudian dipakai oleh pembalap-pembalap setelahnya. Selain di GP, Duke juga mendulang kesuksesan di Isle of Man TT serta mencoba peruntungannya di Formula 1.

2. Mick Doohan: 5 Gelar

Mick Doohan hampir saja gagal memperoleh gelar juara keempat dan kelima-nya. Setelah dengan nyaman memimpin kejuaraan 1992 dengan 50 poin, ia jatuh dan kakinya patah. Setelah operasi yang gagal dan bergegas untuk kembali membalap di sirkuit, dia kehilangan pertarungan gelar dengan selisih hanya 4 poin, kemudian mematahkan bahunya pada tahun berikutnya dan tidak pernah sepenuhnya fit selama musim 1993. Setelah berjuang dengan cedera yang dideritanya, Doohan kemudian memenangkan 5 gelarnya antara tahun 1994 dan 1998.

3. Marc Marquez: 6 Gelar

Marquez adalah juara terbaru dan bisa dibilang paling mengesankan, karena sudah berada dalam satu kejuaraan bersama Rossi yang pada saat itu sangat mendominasi. Hingga dua tahun yang lalu, sepertinya dia baik-baik saja dan benar-benar berada di jalur untuk melampaui gelar juara Rossi dan menjadi pembalap terhebat yang pernah ada. Walaupun sempat didera cedera mata, tetapi dengan pemulihan cederanya yang sudah menampakkan kemajuan, bukan mustahil lagi bila Marquez bisa mengalahkan capaian Rossi dalam hal gelar juara MotoGP.

4. Valentino Rossi: 7 Gelar

Gelaran MotoGP pada tahun 2000-an didominasi oleh pembalap asal Italia ini, yang juga mendapat kehormatan memenangkan kejuaraan 500cc terakhir. Dengan total capaian 7 gelar juara, Rossi bisa dikatakan sebagai pembalap MotoGP terhebat sejak masa regulasi penggunaan mesin 4 langkah. Pada akhirnya, Rossi yang sempat digadang-gadang bisa memecahkan rekor 8 gelar juara Giacomo Agostini, tidak dapat menuntaskan tugas ini dengan baik. Bahkan di akhir karirnya, ia sempat kesulitan untuk mencapai peringkat 10 besar di ajang MotoGP. Walau demikian, ia adalah salah satu pembalap terbesar yang pernah dimiliki oleh dunia.

5. Giacomo Agostini: 8 Gelar

Setelah memenangkan gelar ke-5 lebih dari 50 tahun yang lalu, ia telah memegang rekor kemenangan gelar Grand Prix terbanyak. Dalam karir menakjubkan yang membuatnya mendominasi selama dua dekade dengan dua pabrikan yang berbeda, ia akhirnya mengumpulkan 8 gelar. Rekor yang menurut banyak orang bakal dipecahkan oleh Rossi saat meraih gelar ketujuhnya, kemudian lagi baru-baru ini dengan Marquez, tetapi belum ada yang bisa menyamai bahkan mengalahkannya, dia tetap menjadi pembalap dengan gelar juara terbanyak sepanjang masa. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp,
#
geoff duke,
#
mick doohan,
#
marc marquez,
#
valentino rossi,
#
giancomo agostini