MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Muscle Car Yang Jarang Diketahui, Nomer 5 sangat Langka!

MAR 14, 2022@14:00 WIB | 356 Views

Era kejayaan muscle car melahirkan sejumlah kendaraan dengan performa yang mengesankan. Walaupun sebagian besar muscle car pada saat ini adalah koleksi yang berharga, ada beberapa muscle car yang kurang mendapatkan spotlight karena kalah saing dengan rivalnya. Berikut  ini adalah 5 Muscle Car yang jarang diketahui:

1. AMC SC/Rambler

AMC SC/Rambler pertama kali diluncurkan pada tahun 1969, dan merupakan pendahulu dari Rebel Machine. Berbasis Rambler American generasi ketiga dan terakhir, SC dikembangkan bekerja sama dengan Hurst Performance. Mobil ini tersedia dalam bodi berwarna putih dengan garis-garis biru dan merah layaknya bendera Amerika Serikat.

Dilengkapi dengan mesin V8 6,4 liter dengan tenaga maksimum 315 hp, differential limited slip, spion dengan spesifikasi balap, dan velg Magnum 500, SC/Rambler adalah paket AMC yang paling kencang sampai Rebel Machine memulai debutnya pada tahun 1970. AMC hanya membangun mobil gahar ini sejumlah 1.512 unit, dan hanya sedikit saja yang tersisa saat ini.

2. AMC Rebel Machine

Diperkenalkan pada tahun 1967, AMC Rebel mulai bertarung dalam segmen muscle car pada tahun 1969 dengan mesin V8 390 berkapasitas 6,4 liter bertenaga 325 hp. Tidak hanya dilengkapi dengan upgrade V8 390 yang dapat menghasilkan 340 hp, Rebel Machine juga hadir dalam warna putih yang dihiasi dengan garis-garis biru dan merah serupa pendahulunya, SC/Rambler.

Rebel Machine hanya diproduksi dalam jangka waktu setahun saja karena kalah bersaing dengan muscle terkenal lainnya pada masa itu, seperti Dodge Challenger dan Plymouth Barracuda, serta beberapa iterasi terbaik dari Ford Mustang dan Chevrolet Chevelle dan Camaro.

3. Dodge Dart Demon

Diluncurkan pada tahun 1959, Dart yang diproduksi pertengahan 1960-an bisa dikatakan adalah mobil yang kurang bisa diandalkan jika berbicara soal performa. Tapi hal ini berubah menjelang akhir dekade 60-an ketika Dodge mulai membekali Dart dengan mesin V8 yang lebih bertenaga.

Dodge Dart Demon lahir pada tahun 1971 ketika merek tersebut memperoleh versi Duster yang populer dari Plymouth. Diiklankan sebagai mobil berperforma tinggi, Demon tersedia dengan hood scoop dan aksen hitam. Salah satu varian, yaitu Demon 340, datang dengan V8 340 berkapasitas 5,6 liter yang sanggup menghasilkan 275 hp.

4. AMC Matador Go-Machine

Dihentikan setelah hanya satu tahun dijual, Rebel Machine selanjutnya digantikan oleh Matador pada tahun 1971. Tapi alih-alih model trim yang berdiri sendiri, Matador hanyalah sebuah paket opsional. Disebut Go-Machine, Matador masih membawa banyak fitur yang terdapat di Rebel Machine, termasuk paket stripe. Namun, AMC tidak menghidupkan kembali warna merah-putih-biru layaknya Rebel Machine dan SC/Rambler.

Walau demikian, Matador Go-Machine masih punya performa yang mumpuni berbekal mesin V8 360 berkapasitas 5,9 liter dengan output tenaga 285 hp dan mesin V8 401 berkapasitas 6,6 liter dengan tenaga maksimum 330 hp. Muscle car ini bisa dikatakan sangat langka karena AMC hanya menjual sekitar 50 unit pada tahun 1971.

5. GMC Sprint SP

Diperkenalkan untuk model tahun 1971, Sprint generasi pertama adalah El Camino SS versi GMC yang sudah di-upgrade, tepat ketika muscle car mulai kehilangan popularitas karena krisis minyak yang melanda dunia saat itu dan peraturan ekonomi bahan bakar yang baru di Amerika Serikat.

Meskipun tidak ditawarkan dengan mesin perkasa LS6 V8 yang dapat menghasilkan 450 hp pada tahun 1970, Sprint SP mendapatkan mesin LS5, dengan output maksimum 365 hp yang sebenarnya cukup solid. Tak hanya dilupakan, GMC ini juga jarang ditemui. Diyakini bahwa hanya 25 unit yang dilengkapi dengan V8 454 berkapasitas 7,4 liter dan hanya 16 unit yang masih ada saat ini. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
muscle car,
#
amc sc/rambler,
#
amc rebel machine,
#
dodge dart demon,
#
amc matador go-machine,
#
gmc sprint sp