MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Sebab Tingginya Angka Investasi Nissan

DEC 01, 2019@18:50 WIB | 73 Views

Sekitar 33 Miliar Yen digelontorkan Nissan dalam mengembangkan teknologi pabrik untuk memproduksi mobil listrik. Namun selain itu, ada beberapa penyebab mengapa investasi besar digelontorkan Nissan saat ini seperti;

Membangun Masa Depan Mobilitas

Mobil generasi Nissan berikutnya akan dialiri listrik, cerdas dan terhubung. Ini menambah kompleksitas baru untuk desain dan konstruksi, yang membutuhkan kemajuan besar dalam rekayasa produksi. Salah satu kemajuan tersebut adalah sistem pemasangan powertrain universal yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknik Produksi Nissan.

Pemasangan powertrain di mobil merupakan proses yang panjang dan pekerjaan berat untuk jalur perakitan, yang harus memasang beberapa komponen secara berurutan. Sistem baru Nissan menggunakan palet otomatis untuk memasang seluruh powertrain sekaligus. Sistem mengukur dimensi mobil secara real time selama pemasangan. Sistem baru ini juga sangat mudah beradaptasi. Palet yang sama dapat memasang tiga jenis powertrain (mesin pembakaran internal, e-POWER dan listrik), dan dapat merakit dan memasang 27 kombinasi modul powertrain yang berbeda.

Mengoptimalkan Robot

Nissan mengembangkan keterampilan dan proses spesialis tertentu yang sampai sekarang, hanya dapat dilakukan oleh pengrajin terlatih. Melalui proses kolaboratif yang intensif, pengrajin dan insinyur Nissan telah mendigitalkan bagian-bagian dari proses rumit ini dan robot yang disiapkan dapat melakukannya setiap saat. Ini memungkinkan staff tersebut untuk fokus pada bidang keahlian baru yang belum tersentuh.

Sealing umumnya dilakukan oleh para ahli, karena ketangkasan dan kecepatan yang diperlukan dapat diperoleh melalui pelatihan tetapi tidak mudah untuk ditiru. Selain mengotomatiskan proses penerapan sealant, insinyur Nissan menganalisis gerakan yang tepat dari pekerja terlatih saat menghaluskan dan menyelesaikan sealant, dan menghitung tekanan yang diterapkan pada setiap tahap. Selanjutnya, mereka mengubah informasi ini menjadi instruksi untuk robot dan melakukan penyempurnaan lebih lanjut melalui coba-coba yang ekstensif.

Membuat Tempat Kerja yang Lebih Baik dengan Robot

Robot sekarang dapat melakukan tugas berat tertentu secara efisien, membebaskan pekerja untuk melakukan pekerjaan yang lebih berharga di tempat lain. Ini juga meningkatkan ergonomi, membuat pabrik menjadi tempat yang lebih mudah untuk bekerja.

Salah satu contohnya adalah pemasangan headliner, lapisan atas bahan di bagian dalam atap mobil. Solusi Nissan adalah menggunakan robot untuk memasukkan headliner melalui bagian depan kendaraan dan kemudian dikencangkan. Sensor memonitor perubahan tekanan dan menggunakan sistem logika untuk menentukan kapan klip terpasang dengan benar pada tempatnya.Pekerja harus memasuki kabin setiap kendaraan untuk melakukan pekerjaan yang menuntut fisik ini. Tugas ini menjadi semakin sulit karena mobil datang dengan fitur yang lebih terhubung, menambah jumlah perangkat di dalam dan di sekitar headliner.

Mengurangi Dampak Lingkungan

Nissan juga berupaya mengurangi dampak lingkungan dari pembuatan mobil. Nissan telah mengembangkan cat berbasis air yang mempertahankan viskositas yang tepat pada suhu rendah, sehingga bodi dan bumper dapat dicat bersama. Ini akan mengurangi emisi karbon dioksida dari proses sebesar 25%. Nissan juga akan menggunakan stan lukisan bebas air yang memungkinkan untuk mengumpulkan semua cat limbah dan menggunakannya kembali dalam proses produksi lainnya.Badan mobil biasanya harus dicat pada suhu tinggi, karena viskositas cat sulit dikendalikan pada suhu yang lebih rendah. Sebaliknya, bumper terbuat dari plastik, sehingga mereka harus dicat pada suhu rendah. Ini membutuhkan dua proses pengecatan terpisah untuk satu kendaraan.

"Teknologi dan inovasi baru ini adalah jantung dari daya saing perusahaan. Mereka akan diluncurkan secara global di tahun-tahun mendatang, mendukung masa depan Nissan Intelligent Mobility dan memperkuat status kami sebagai pemimpin dalam teknologi," kata Hideyuki Sakamoto, Wakil Presiden Eksekutif Nissan untuk manufaktur dan manajemen Supply Chain.[prm/timBX] 

Tags :

#
autonews,
#
nissan,
#
pabrik,
#
investasi