MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Rider MotoGP Ini Berpeluang Pindah ke WorldSBK

JAN 30, 2022@11:00 WIB | 365 Views

Sejak 2018, tujuh rider dengan pengalaman MotoGP telah pindah ke WorldSBK, bahkan empat di antaranya melakukan pertukaran langsung.

Sejak 2018 lalu, tujuh rider yang pernah membalap di MotoGP memilih bergabung dengan WorldSBK, dan hal itu menimbulkan pertanyaan ‘Siapa lagi yang akan pindah?’. Tujuh rider yang dimaksud antara lain Loris Baz (kembali ke WorldSBK), Alvaro Bautista, Jonas Folger, Scott Redding, Tito Rabat, serta Iker Lecuona dan Hafizh Syahrin yang akan melakoni debut WorldSBK musim depan.

Sementara MotoGP tampaknya bisa merekrut rider WorldSBK terbaik seperti Toprak Razgatlioglu untuk tahun 2023, ada banyak rider yang bisa pindah ke arah lain karena berbagai alasan. Dan berikut adalah 3 rider yang keluar dari line-up MotoGP saat ini, dan berpeluang pindah ke WorldSBK.

Johann Zarco 

Rider pertama dalam daftar ini adalah Johann Zarco yang sepertinya tidak ingin pindah dari MotoGP ke WorldSBK jika melihat hasil 2021 lalu. Tetapi, Zarco sekarang menjadi bagian dari delapan rider kuat di Ducati dan di mana dia adalah yang tertua dari semua rider. Kontrak pria asal Prancis berusia 31 tahun itu akan habis setelah musim 2022, dan dengan adanya Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan bahkan mungkin Fabio Quartararo kemungkinan tim mempertahankan Zarco menjadi kecil.

Zarco kehilangan performa seiring musim berjalan, meskipun beberapa kali unggul atas Bagnaia, Jack Miller, Martin dan Enea Bastianini. Dengan Zarco tidak mungkin menjadi pilihan pertama, kedua atau ketiga tim di masa depan, mantan juara Moto2 itu bisa dikorbankan untuk rider yang lebih muda.

Dan mengingat trek rekornya dengan beberapa tim di MotoGP, sepertinya jarang ada tim unggulan yang ingin mengontraknya dan membalap ke WorldSBK bisa jadi pilihan terbaik, apalagi dia pernah Ducati Paniglae V4 R Superbike.

Alex Rins

Alex Rins adalah rider yang memulai musim 2021 dengan cara yang kurang bagus, setelah menjadi salah satu yang terbaik di musim sebelumnya. Namun, dengan Joan Mir mengklaim gelar juara dunia pada tahun 2020 dan menegaskan dirinya sebagai rider top Suzuki, masa depan Alex Rins cukup diragukan.

Dan jika dia meninggalkan Suzuki, tim yang mungkin menjadi pelabuhan berikutnya adalah Ducati dan KTM, meskipun itu juga sulit tercapai. Apalagi untuk bergabung dengan Honda dan Yamaha adalah sesuatu yang tidak mungkin. Dengan demikian, salah satu pilihan terbaik bagi Alex Rins adalah pindah ke WorldSBK, apalagi Alex Lowes (Kawasaki), Alvaro Bautista dan Michael Rinaldi (Ducati), serta Razgatlioglu (Yamaha) kontraknya akan habis.

Takaaki Nakagami

Rider MotoGP yang paling mungkin bergabung dengan WorldSBK adalah Takaaki Nakagami yang saat ini membela tim LCR Honda. Pria asal Jepang itu telah menunjukkan potensi luar biasa pada lebih dari satu kesempatan, tetapi mantan rider Moto2 itu masih belum mencetak podium, apalagi kemenangan.

Nakagami akan berada dalam situasi yang sama seperti Rins, dimana sebagian besar pabrikan menunjukkan minat. Honda tentu saja akan menjadi tempat pertama yang diinginkan, tetapi dengan tim sudah mengontrak Lecuona dan Xavi Vierge untuk tahun ini, maka kemungkinan pindah ke Kawasaki atau Yamaha bisa menjadi kemungkinan.

Jika Nakagami benar-benar meninggalkan MotoGP, dia bisa mengambil rute seperti Thomas Luthi, Sam Lowes atau Hafizh Syahrin yang kembali ke Moto2, tetapi dalam hal bersaing untuk menang dan gelar dunia, WorldSBK akan menjadi peluang terbaiknya. [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp,
#
wsbk,
#
johann zarco,
#
alex rins,
#
takaaki nakagami