MENU
icon label
image label
blacklogo

2025 VW Bakal Tingkatkan Manufaktur Mobil Cetak 3D Dengan Proses Mutakhir Terbarukan

JUN 22, 2021@17:30 WIB | 136 Views

Dalam tiga tahun ke depan Volkswagen akan meningkatkan manufaktur mobil cetak 3D dengan proses mutakhir yang benar-benar baru. Dengan Proses terbarukan ini ditargetkan dapat menghasilakn lebih banyak komponen dari hasil produksi.

Pencetakan 3D memang bukan isu baru, tetapi tidak untuk proses inovasi yang baru saja diterapkan Volkswagen di pabrik utamanya di Wolfsburg, Jerman. Disebut “binder jetting”, metode ini meningkatkan produktivitas dan memangkas biaya, dibandingkan dengan pencetakan 3D konvensional. VW pun saat ini menjadi satu-satunya pembuat mobil yang menggunakannya dalam proses produksi.

Alih-alih membangun setiap lapisan komponen, seperti pencetakan 3D konvensional, pengaliran pengikat menggunakan perekat, setelah itu komponen dipanaskan dan dibentuk. Hal ini membuat lebih ringan dan lebih hemat biaya. Teknik inovatif lainnya adalah memposisikan ulang komponen di ruang pembuatan, sehingga bagian yang dapat diperoleh dua kali lebih banyak hanya dalam satu sesi pencetakan.

Tiga pemain industri utama telah bekerja sama untuk mencapai titik ini. Siemens telah mengembangkan perangkat lunak manufaktur aditif baru, HP menghadirkan printer berteknologi tinggi, dan VW menggunakan teknologi baru di pabrik utamanya. Ketiga mitra juga berencana untuk membuat tim ahli bersama di pusat pencetakan 3D berteknologi tinggi Wolfsburg, mulai musim panas ini.

Tujuan ambisius Volkswagen ialah memproduksi 100.000 komponen cetak 3D per tahun, pada tahun 2025. Namun langkah penting pertama telah berhasil. Komponen pertama yang dibuat dengan bantuan jetting pengikat siap untuk sertifikasi, dan ini adalah komponen untuk pilar A (struktur penyangga vertikal di setiap sisi kaca depan) dari T-roc convertible baru.

Ternyata bagian-bagian ini 50% lebih ringan dari yang standar, menjadikan teknologi ini sebagai pengubah permainan dalam pembuatan mobil. Dan, berkat metode baru ini, penggunaan lini produksi di masa depan sekarang dimungkinkan, karena pengurangan biaya.

Tidak seperti sebelumnya, VW menggunakan proses pencetakan 3D yang inovatif ini untuk membuat komponen dengan volume yang lebih besar, lebih cepat, dan dengan biaya yang lebih rendah. [asl/timBX]

Tags :

#
vw,
#
manufaktur mobil,
#
volkswagen,
#
3d printing,
#
cetak 3d