MENU
icon label
image label
blacklogo

2021, Audi Bakal Punya Teknologi Pencahayaan Baru

DEC 15, 2020@07:00 WIB | 853 Views

Audi Q5 2021 akan memperkenalkan teknologi pencahayaan tingkat baru dengan lampu belakang OLED (organic light-emitting diode) yang dapat dikonfigurasi, tetapi itu hanyalah yang terbaru dari deretan batu loncatan menuju masa depan teknologi pencahayaan untuk merek prestise produsen berbasis Jerman.

Insinyur dan perancang sudah mengerjakan sistem yang lebih canggih yang menjanjikan keamanan yang ditingkatkan serta animasi dan gaya yang lebih menarik.

Itulah kata dari eksekutif Audi AG Stefan Berlitz (kepala pengembangan pencahayaan), Christoph Häussinger (desain pencahayaan) dan Michael Kruppa (kepala fungsi pencahayaan, inovasi, dan lampu belakang).

Awal pekan ini, tiga eksekutif mengambil bagian dalam presentasi online, semuanya berbicara melalui juru bahasa kepada media tentang rencana Audi untuk sistem lampu depan dan lampu belakang selama beberapa tahun ke depan.

Menjelaskan desain lampu belakang Audi Q5, Häussinger mengungkapkan bahwa ini mungkin awal dari sesuatu yang menjangkau jauh di bidang desain lampu.

“Di Q5, Anda memiliki tiga OLED ini, masing-masing datang dengan enam segmen, jadi kami punya 18 bidang piksel, dan dengan itu Anda sebenarnya bisa membuat tanda berbeda ini di lampu belakang Q5,” katanya.

“Kami memiliki tiga tanda berbeda yang dapat dipilih pelanggan… termasuk satu animasi spesifik, yang merupakan topik besar bagi kami, karena jumlah piksel di belakang seperti tampilan, dan dengan itu kami memiliki kemungkinan untuk menganimasikan tampilan dengan lebih baik.”

Kruppa mengatakan bahwa teknologi OLED membuka banyak peluang untuk menggunakan cahaya sebagai sarana komunikasi dengan pengguna jalan lainnya.

“Sekarang dengan OLED, Anda menciptakan cahaya yang sangat homogen di atas area cahaya, jadi ini adalah teknologi yang sempurna untuk bagian belakang,” katanya.

“Jika Anda menggabungkan OLED dengan segmen, Anda memiliki permukaan OLED, itu berarti Anda dapat mengaktifkan setiap segmen, Anda dapat membuatnya lebih terang, lebih gelap, Anda dapat mengaktifkannya atau mematikannya untuk membuat tampilan seperti karakter ini di belakang sebagai hal yang mungkin."

Ini adalah tema yang jelas membuat Audi sangat bersemangat. Q5 sudah mencerahkan tampilan lampu belakangnya jika berhenti dan sebuah mobil berhenti di belakang dalam jarak dua meter dari Audi.

Ini menjadi sinyal peringatan bagi pengemudi lain jika sistem mendeteksi bahwa jarak mobil di belakang terlalu dekat dengan Audi.

Pengemudi Audi bahkan tidak mengetahui peringatan kedekatan ini, tetapi pengemudi mobil di belakang pasti akan melihatnya. Ini beralih kembali ke mode normal setelah Audi bergerak.

Ini benar-benar upaya pertama untuk memberi sinyal kepada pengguna jalan lain jauh melampaui pengereman, pengereman darurat, dan belokan .

Tetapi menyampaikan informasi kepada pengguna jalan lain tidak harus berakhir dengan peringatan kedekatan Q5, kata Kruppa, yang memuji digitalisasi dengan mengizinkan Audi untuk mengembangkan 'bahasa ringan'.

“Untuk pertama kali Anda melakukan komunikasi melalui lampu ke peserta lalu lintas lain, sehingga mobil 'berbicara' kepada orang lain. Ini adalah sesuatu yang ingin kami tingkatkan ke depan,” ujarnya. “Kami ingin membuat simbol peringatan.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
teknologi pencahayaan baru,
#
teknologi pencahayaan audi,
#
audi,
#
audi q5 2021,
#
oled