MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Tahun Sudah Panamera Memuaskan Penikmat Porsche

MAY 11, 2019@12:00 WIB | 1,389 Views

10 tahun yang lalu, Porsche diluncurkan ke segmen pasar baru. Dengan Panamera, pabrikan mobil sport menghadirkan Gran Turismo pertamanya pada April 2009. Tidak seperti mobil lain di kelas mobil mewah, model ini menggabungkan kinerja yang diharapkan dari sebuah mobil sport dengan kemewahan dan keserbagunaan sebuah touring saloon.

Sementara Porsche awalnya merencanakan produksi 20.000 unit per tahun, Panamera telah lama melampaui semua harapan: lebih dari 235.000 mobil telah dikirimkan sejauh ini.

Pengembangan generasi Panamera kedua (G2) melibatkan beberapa aliran: selain Gran Turismo dengan wheelbase standar dan diperpanjang, varian ketiga dikembangkan pada platform yang sama: Sport Turismo. Mulai 2017, desain dan konsep bodi avant-garde-nya menghadirkan fleksibilitas lebih untuk kelas kendaraan mewah.

"Concept Sport Turismo" dipresentasikan untuk pertama kalinya di Paris Motor Show pada 2012. Konsep yang banyak diperhatikan adalah pendahulu generasi Panamera kedua, yang merayakan perdana dunianya pada 28 Juni 2016.

G2 bahkan lebih sporty dan lebih elegan, tetapi dengan ruang murah hati yang sama: garis atap jatuh lebih cepat, bagian belakang memiliki kurva sedikit berlawanan, lampu ekor horizontal menekankan identitas merek. Tubuh sporty sekali lagi menampung sejumlah inovasi, termasuk tampilan digital baru dan konsep pengoperasiannya.

Berkat sistem sasis seperti suspensi udara tiga mode, kemudi roda belakang, dan sistem stabilisasi elektromekanis PDCC Sport, Panamera mampu melesat di trek layaknya jalanan biasa. Terbukti, dia mampu mencatatkan waktu putaran 7:38 menit di Nürburgring-Nordschleife - diraih oleh pembalap Porsche, Lars Kern dalam Panamera Turbo standar.

Rentang mesin secara konsisten dioptimalkan, sementara nilai output daya meningkat: mesin baru diperkenalkan di seluruh rentang, dan transmisi sekarang menjadi PDK delapan kecepatan. Spektrum daya keluaran dimulai pada 330 PS, hari ini model top adalah plug-in hybrid 680 PS.

Porsche mengatur panggung untuk elektromobilitas dengan Panamera pada tahun 2011. Sebagai hibrida paralel penuh pertama di kelas mewah, Panamera S Hybrid adalah Porsche paling ekonomis hingga saat ini meskipun memiliki output daya 380 PS.

Dua tahun kemudian, Panamera S E-Hybrid sekali lagi memimpin di segmen tersebut sebagai hybrid plug-in pertama di dunia - dengan daya 416 PS dan kemampuan jelajah listrik sejauh 36 kilometer.

Pada generasi Panamera kedua, Porsche menganut performa listrik di semua varian model: strategi peningkatan yang diadaptasi dari supercar 918 Spyder memungkinkan performa yang biasanya dikaitkan dengan mobil sport, namun dikombinasikan dengan efisiensi tinggi – masing-masing punya daya 462 PS untuk Panamera 4 E- Hybrid dan model teratasnya Panamera Turbo S E-Hybrid dengan daya 680 PS. [bil/timBX]

Tags :

#
porsche,
#
panamera,
#
touring saloon,
#
panamera s e-hybrid,
#
panamera turbo s e-hybrid,
#
panamera 4 e- hybrid,
#
plug-in hybrid,
#
nürburgring-nordschleife,
#
concept sport turismo,
#
gran turismo,
#
porsche indonesia