MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Rekomendasi Camper Van di Tahun 2020

APR 16, 2020@08:00 WIB | 2,252 Views

Mobil dengan long sasis dengan kemampuan memangkut 4-7 penumpang dengan 3 row passenger, memiliki kemungkinan untuk dimodifikasi menjadi van camper. Tapi itu mungkin  versi mini camper atau dengan sasis yang diperpanjang untuk mengakomodir perabot rumah berjalan. Beberapa diantaranya malah mendekati sasis bus atau truk dialihfungsikan untuk Camper. Nah varian Campers beberapa diantaranya dikembangkan dari Ford, Toyota, Mercedes, FIAT dan lainnya. 
Blackxperience.com mencoba memberikan pilihan 10 varian Camper Van yang bisa Anda miliki, untuk memberikan sentuhan adventure bersama keluarga. Tentunya waktu terbaik setelah wabah virus Corona hilang dari muka bumi. 


10. Kaumann Ford Mobil Dexter 570 4x4  (USD 57900)

Secara basic menggunakan basic mobil Ford Transit. Menggunakan mesin 2.0 liter, power 130 hp dan berpenggerak 4x4 sebagai keunggulannya. Setelah dimodifkasi menjadi camper, berat total menjadi 3500 kg. Memiliki 2 kasur, 2 tempat duduk, dan bahan bakar cukup menampung 70 liter.  Kapasitas air bersih bisa menampung hingga 80 liter, sementara kapasitas tampungan air kotor 60 liter. Untuk aktivitas didalam ruangan,  sudah dilengkapi baterai dengan kapasitas 1x75 Ah.


Dengan roof yang dimodifikasi tinggi difungsikan untuk menyimpan perlengkapan. Kursi depan pengemudi difungsikan sebagai santai, ketika meja portable dipasang. Sebuah kamar mandi shower lengkap dengan toilet. Sebuah kompor 3 tungku dan sebuah wastafel.  Kebutuhan tidur ada 2 kasur dan lemari penyimpanan yang cukup besar.


9. Wellhouse Toyota Matino 2 (USD 55.400)


Memiliki desain roof yang normal, namun bisa difungsikan untuk ruang yang lebih besar, seperti fungsi tenda pada umumnya. Dengan dual pegas, atau motorik membuka dan menutup roof sesuai kebutuhan. Sementara pintu sliding door cukup memudahkan  sirkulasi hilir mudik penumpang.  Sebuah wastafel dan dua tungku kompor listrik. 


Kursi tengah bisa dipindahkan melalui rel khusus, memberikan room capacity lebih lega.  Namun saat tidak digunakan bisa difungsikan sebagai sleeping bad. Antara kursi two row dan first row  bisa disetel saling berhadapan dengan sebuah meja yang bisa dibongkar pasang. 


Secara basic menggunakan Toyota Proace, dengan gaya sedikit mirip dengan Toyota Vellwire. Bertenaga mesin diesel 2.0 liter  dengan besaran 120 PS dan 180 PS. Dilengkapi dengan multimedia 7 inci dan navigasi berbasis satelit, roof buatan Jerman, sedangkan tungku buatan Italia serta sebuah solar panel.  Kapasitas maksimum 3100 kg, dilengkapi dengan pemanas 2,2 kw. 


8. Dethleffs Globeline (USD 94.500)


Berbasis di Jerman, Dethleffs Globeline dibangun dari basis Mercedes Sprinter.  Kemampuan maksimum 3500 kg, dengan mesin  6D menghasilkan tenaga 143bhp. Tenaga tersebut didistribusikan melalui 7 percepatan  otomatis.  Serta sistem keamanan standar eropa,  ESP, EBFD, Hill Start Assist, Active Brake Assists, Mercedes Emergency Call System dan  sederet fitur unggulan lain. 


Secara compartemen mencakup sebuah lemari es, kompor satu tungku dan sebuah wastafel.  Dua buah tempat tidur,  dan sebuah tepat tidur elektronik yang bisa diadjustable.  Kapasitas yang besar mampu mengakut 2 sepeda. 


7.  Swift Kon_Tiki Sport 560 (USD 77.300)


Dengan basic sasis FIAT, Swift Kon_Tiki Sport 560  dipersiapkan untuk market 2020. Camper yang satu ini d memiliki spesifikasi yang tinggi, dengan gaya setup ruangan sesuai Kon-Tiki.  Sentuhan  ruang yang premium apalagi ditambah dengan peralatan yang hemat energi.  Menggunakan mesin 2,3 liter, Euro 6 memberikan tenaga yang kuat, interior khususnya dashboard dilengkapi dengan captain chairs,  Radio DAB pemutar MP3 dengan konektivitas Bluetooth, power steering dan cruise control. Penggunaan velg 16 inci dirasa cukup kokoh, dilengkapi lampu depan LED nan eksklusif.


Fitur-fitur mewah tenda Thule 4900 telah dilengkapi dengan dua lensa untuk kamera mundur dengan LCD screen khusus. Sektor interiornya dilengkapi brand terkenal seperti Fenix, Alde dan Davalay. Interior dengan panoramic sunroof Skyview, memberikan penerangan interior yang natural.  Fitur swift command, yang memungkinkan memantau dan mengendalikan secara system pada panel layar sentuh 7 inci.   Sudah dilengkapi oven thermostatic, kompor dua tungku dan microwave. Kamar mandi cukup lengkap, serta kamar tidur bertingkat cukup untuk 4 orang.

6. RB Component Swatooth 04  4X4 


Sebuah perusahaan  dari California Army, merancang Camper berbasis Mercedes Benz Sprinter telah dibekali kemampuan offroad, terlihat dengan snorkle didekat pilar A.   Interiornya dilengkapi dengan perlengkapan berkualitas dengan rendah energi. Solar panel untuk tambahan energi, sistem power 3000 watt, meja dari bambu, kapasitas air bersih 69 galon, ditunjang shower untuk air panas, fasilitas BBQ cooking.


Dengan fasiitas yang lengkap, bilik berbahan alumunium, suspensi telah dilengkapi kemampuan loading.  Pilihan velg 17 inci digabungkan dengan  paket ban Toyo Open Country. Van Sprinter berkemampuan offroad ini menyediakan ruang untuk tidur yang minimalis, namun dilengkapi dengan kitchen set yang minim, wastafel  dan kamar mandi, alat panggang BBQ.

5. Auto Sleepers Winchcombe  (USD 103.300)


Paling berbeda secara desain dari varian campers yang lain. Menggunakan pola seperti ruang meeting, namun sebenarnya itu adalah kasur yang bisa dirubah bentuk dari double menjadi single bad dengan diameter 2210x 1270 mm. Tanpa sekat apapun, BlackPals kemudian bisa melihat sebuah kitchen set dan wastafel.  Tepat didepannya sebuah lemari es, dan lemari penyimpanan.


Kamar mandi ala hotel dibikin lebih minimalis,  termasuk ruang shower dan toilet. Dimensi panjang keseluruhan mencapai 7330 mm, dengan berat 4100 kg. Tampungan air bersih 91 liter, dan air kotor 71 liter.  Sementara basic model Mercedes euro Sprinter masih banyak diminati untuk varian Campers, dengan transmisi 7 percepatan, dlengkapi MBUX infortainment system 7 inci, Apple Car Play, Android Auto, DAB Radio dan navigasi satelit, serta cruise control.

4. Frankia 7900 GD Platin (USD 172.000)


Basic Mercedes Benz Eurosprinter 519 menjadi varian van yang paling digemari.  Bermesin 6 silinder, menghasilkan power 190 hp, berdimensi panjang 798 cm, lebar 230m, dan tinggi 325 cm. Dengan ruang headrom 198 cm cukup lega untuk mobilitas 4 orang penumpang, termasuk 4 sleeping bad. 


Ruang utama yang cukup lega, menggabungkan ruang kokpit dan ruang tengah dengan kursi yang bisa diajustable arahnya. Sebuah lemari es,  microwave, tiga tungku kompor,  dua buah toilet. Kamar tidur yang luas, satu statis dan yang lain bisa diajustable naik turun.  Punya beberapa titik socket seperti di kamar mandi, dapur, dan ruang utama (living room). 
Fitur lain seperti kombiflex roof combi antena, ALDE compact pemanas air, TV LED 22 incim dan menampung air bersih hingga 150 liter air bersih. 


3. Morelo Palace 88 LB (USD 249.200)


Dimensi bodi yang cukup panjang  869 cm, layaknya sebuah middle bus, dan cukup menggunakan 4 roda. Semua sektor dibangun cukup premium, tidak hanya unsur teknologi, finishing dengan kualitas material. Tata letak yang beragam, dan beragam perangkat opsional menjamin kelas premium sebuah Campers Van.


Interior kulit menambah sisi elegan, fitur anti maling, kursi pengemudi yang bisa dirotary, posisi kursi yang tinggi, 6 titik kaca spion, jarak overhang yang rendah dari depan. Bagian interior dengan standar premium, bisa difungsikan secara maksimal. Anda bisa menambahkan sekat berbahan carbon fiber, sehingga ruang tamu dan dapur lebih lapang.  Panoramic yang luas, memberikan udara segar dan asupan cahaya yang cukup. Termasuk ruang penyimpanan untuk dua sepeda gunung di bagasi belakang.


2. Gala RV Montecarlo 2100 LX (USD 140.000)


Camper Van berikut ini dikembangkan oleh  Gala RV dari Quebec, Kanada. Keistimewaan camper van ini sektor interiornya tidak menggunakan bahan kayu sama sekali, melainkan dengan carbon composite. Sementara model Montercarlo hanya satu-satunya model yang dibuat. Sektor interior yang modern dan bersih. Kemewahan juga ditekankan pada stitching berpola berlian pada bagian sofa.

Bahan komposit FB21  memberikan sentuhan khusus, pada kabinet dan dinding yang menggunakan kontur dan disesuaikan. Dengan kamar mandi yang smart, bisa memfungsikan wastafel diluar, sehingga kamar mandi cukup untuk 2 orang. Ruang depan memberikan nuansa energik untuk bekerja, sementara ruang belakang untuk istirahat.  Dilengkapi dengan tenaga surya 200w dan inverter 2000w, berkat penggunaan baterai lithium, sementara kapasitas air mampu menampung 45 galon.


1.Trakka Trakkaway 700  FWD (USD 114.300)

Camper Van berikut ini tidak dibentuk panjang, namun  memiiki kemampuan  offroad yang baik.  Meski berpenggerak FWD, bisa didistribusikan ke skema 4WD dengan biaya tambahan.  Trakkaway  700 menggunakan platform  Fiat Ducato, dengan penggerak roda depan, menggunakan mesin Euro 6 2.3 liter, turbocharger dan intercooler.  Mendorong tenaga 180 hp, dan torsi 400 Nm, di medan semi offroad, Trakkaway bekerja mulus dengan kontrol traksi.

Kabin dan mesin terhubung dengan sasis galvanis AL-KO, dengan suspensi belakang independen.  Groundclearance 190 mm menjadi standar kendaraan offroader. Dengan konsumsi bahan bakar 13L/100km cukup baik bila menggendong beban 4.5 ton, didukung dengan torsi 400 Nm cukup untuk kebutuhan perbukitan. Didukung dengan pengereman ABS dan cakram yang besar, serta distribusi elektronik menghasilkan kecepatan optimum dijalanan lurus. [Ahs/timBX

Tags :

#
camper van,
#
caravan,
#
motorhome