MENU
icon label
image label
blacklogo

Yamaha Dragstar 450cc Sentuhan JDM Project

SEP 22, 2016@12:44 WIB | 3,850 Views

Seiring pergeseran trend customer, banyak modifikator yang memutar otak untuk meraih kembali selera pasar modifikasi tahun ini. Seperti halnya JDM Project yang menawarkan konsep aerodetailing kepada pecinta modifikator di Tanah Air. 

Bengkel yang dinahkodai oleh Joddy Ario itu menawarkan konsep aerodetailing yang sebenarnya sudah diperkenalkan sejak 5 tahun silam. Karena masih mempertahankan model pabrikan, pengerjaan aerodetailing lebih pada perawatan motor, seperti pengecatan ulang dengan warna yang fashion look dan pemberian gimmick yang memberi sentuhan unik yang eye catching.

"Konsep ini sepertinya cukup mudah, namun kesulitannya adalah mempertahankan tampilan asli dengan tetap memberi sentuhan custom. Intinya pengendara tetap nyaman dan tetap percaya diri dengan motor customnya," mulai Joddy saat interview dengan tim Blackxperience.com. 

Kali ini Joddy menyelesaikan konsep aerodetailing pada Yamaha Dragstar 400cc. Kisahnya motor ini telah mangkrak beberapa tahun. Si pemilik menginginkan customized yang ekstrim saat berkunjung ke bengkel JDM Project. Mendengar keinginan konsumennya, Joddy berpikir ulang dan menawarkan konsep aerodetailing yang tidak harus ekstrim.

Proses modifikasi dimulai dengan membongkar mesin dari sasis, mencari spearpart mesin yang sudha harus diganti meskipun itu perlu inden beberapa bulan sebelum barangnya tiba. 

Joddy ingin engine motor lebih besar, namun tetap kuat. Akhirnya mesin 400 cc dioversize menjadi 450cc, tujuannya agar bertenaga saat touring dan tidak rewel menempuh jarak ribuan kilometer. 

Untuk ketahanan sasis, Joddy sengaja membangun ulang sasis, karena beberapa bagian sasis rapuh karena cuaca. Setelah sasis selesai, masuk ke tahap pengecatan. Konsep aerodetailing mulai dikerjakan lebih spesifik. Akhirnya lebih mengkerucut pada coloring dengan tema Hot Rod dan mempertegas model cruiser bawaan pabrik. Terpilihlah kombinasi warna hitam doff dan merah. Dengan teknik pengecatan powder coating di sasis dan body, dikerjakan satu persatu. 

Warna hitam disematkan di bagian tangki, tabung shockbreaker, spakbor, blok mesin, knalpot dan velg. Sedangkan warna merah pada sasis, tromol dan jari-jari velg. "Jika dirasakan tekstur permukaan tanki seperti kulit jeruk. Sentuhan ini yang saya sebut dengan aerodetailing," kata modifikator yang bermarkas dibilangan Pangkalan Jati, Jakarta Timur itu.

"Yamaha Dragstar ini tetap dipandang custom look daripada factory look. Semua tampilan berubah dari asli dan tetap eye catching tentunya." tutup Joddy yang memulai modifikasi sejak tahun 2004 silam.[Ahs/TimBx]

Data modifikasi:
Motor : Yamaha Dragstar 400
Mesin: Oversize 450 cc
Bodi : Stang custom, Spion custom, side bag custom, custom paint body
Kaki-Kaki : Velg depan D.I.D Jepang ukuran R19, velg belakang R15, ban depan Pirelli 100/90-19, ban belakang Pirelli Route MT66 ukuran 180/70-15

Tags :

#
jdm project,
#
yamaha dragstar,
#
bxrides,
#
modifikasi motor,
#
modifikasi,
#
motor modifikasi,
#
modifikasi jdm