MENU
icon label
image label
blacklogo

WSBK : Spesifikasi Teknis, Tim Pabrikan dan Sistem Penghitungan Poin di WSBK

OCT 17, 2022@20:55 WIB | 321 Views

World Superbike Championship segera bergulir di Indonesia pada 11-13 November 2022 di Sirkuit Mandalika Indonesia. Secara histori Superbike bukan untuk menandingi gelaran MotoGP, yang memang dikembangkan dari basic motor berbeda di setiap pabrikan yang ikut serta. Motor Superbike dikembangkan dari motor pabrikan masal, sedangkan motoGP adalah motor yang dikembangkan secara khusus dari prototype yang tidak dijual ke publik.  

Jika tahun 2021, Mandalika dikuasai oleh dominasi Toprak Razgatlioglu sekaligus menjadi pemenang WSBK 2021.  Nah gelaran WSBK kali ini mungkin sedikit berbeda, karena Bautista dengan Ducati tim Aruba punya rekaman baik dengan pengumpulan point 448. Diikuti oleh Toprak dari tim Gaputala dengan 392 point dam Jonatan Rea dari tim Kawasaki dengan 366 point.

Baca : One3 Motoshop, Modifikasi Superbike Proper Berawal dari Sini

WSBK Sejatinya memiliki nama resmi SBK Motul FIM Superbike World Championship. Pertama kali diselenggarakan pada 3-4 April 1988, di Donnington Park Inggris. Nama Davide Tardozzi menjadi cukup tenar, lantaran memenangkan gelaran WSBK tahun pertama, menggunakan Honda RC30.

Untuk versi terkini ada BMW M1000RR, Kawasaki ZX-10RR, Ducati Panigale V4R, Honda CBR1000RR-R dan Yamaha YZF-R1. Unit tersebut memang dijual secara massal, namun sudah dimodifikasi untuk arena balap. Beberapa modifikasi seperti swingarm dari Suter Racing, serta clutch racing dari Suter yang menjadi bagian performance. Begitu juga penambahan exhaust system. 

Di kelas world Superbike, world Supersport, dikembangkan part balap berdasarkan teknologi yang diturunkan dari MotoGP."Saat menemukan teknologi terbaru, kemudian dikembangkan oleh part maker, dan diproduksi sebagai part aftermarket yang akhir hingga ke tangan customer. Semua teknologi yang pernah dikembangkan lambat laun akhirnya turun ke pengguna di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia," ungkap Benny Saputra dari One3Motoshop.  

Sementara dari sektor penghitungan nilai sedikit berbeda. Ada dua race, yang terjaddi dalam dua hari yang berbeda. Race pertama di hari Sabtu dan Race kedua di hari Minggu. Masing-masing race menempuh jarak normal 110 km. Siapa yang mendapatkan poin, adalah 15 pembalap terdepan, poin tertinggi 25 poin untuk juara pertama. Superbike juga memberikan point untuk juara superpole race  sebesar 10 poin. Point tertinggi tiap balapan bisa 62 poin Black Pals.

Jika 1988-2012 penyelenggarakan WSBK dibawah naungan FIM. Semenjak 2013, penyelenggara berpindah ke tangan Dorna Sport.  WSBK dikembangkan menjadi tiga kelas. Pertama Superbike 750-1000cc, kedua Supersport 400 hingga 750cc, ketiga SuperSport 300. Kelas tertingginya, Pabrikan yang paling banyak naik podium Ducati. Sementara pembalap Superbike paling banyak naik podium masih dipegang Juara Dunia WSBK Jonathan Rea dari 2016-2020. [Ahs/timBX]

Tags :

#
world superbike championship,
#
wsbk,
#
wssp,
#
dorna,
#
fim

RELATED ARTICLE