MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Yamaha X-Max 2017, Fans Berat Bumblebee

APR 24, 2018@13:00 WIB | 5,104 Views

Ada yang berbeda saat kali pertama mata Anda melihat gambar Yamaha X-Max lansiran 2017, yang kami tampilkan. Ya, jauh dari kata standar, X-Max keluaran 2017 ini dirombak habis mengikuti karakter  Bumblebee layaknya di film Transformer. Patut diapresiasi, lantaran hasil racikan tangan dingin sang modifikator, mampu menorehkan aura sporty nan elegan pada Yamaha X-Max.

Namun untuk sektor jantung mekanisnya, X-Max tak mengalami ubahan. Ia tetap menggendong mesin SOHC silinder tunggal berkapasitas 249cc standar pabrikan. Baiklah, kita lanjut membahas ubahan motor mulai dari buritan yang terlihat lebih bongsor. Sebaliknya, bagian depan dibikin lancip bak boomerang guna memecah angin saat berkendara.

Sang pemilik, Obay Cahya, menginginkan skutiknya dibesut dengan mode fashion elegant, tanpa mengurangi fungsionalitas berkendara aman.  Jadi seperti yang Anda lihat, Yamaha X-Max tampil kekar dengan gaya robotic seperti sosok robot Bumblebee, namun tetap nyaman dipakai. Tak berhenti di situ saja, Obay kemudian menyerahkan urusan coloring body pada Billy Brush yang bermarkas di bilangan Kalideres, Jakarta Barat.

Di tangan Billy Brush, ia melaburkan warna yellow wet berpadu dengan warna carbon water printing, sehingga X-Max terlihat makin apik dan memesona. Dalam menukangi Yamaha X-Max, Billy Brush menumpahkan konsep airbrush melalui grafis minimalis dengan kotak-kotak bergradasi tipis pada bagian samping dan bawah dari front lamp. Kemudian konsep yang sama ditambahkan pada sisi samping body.

Lantaran X-Max makin berbobot, si pemilik X-Max Bumblebeee akhirnya menancapkan caliper Brembo di bagian depan dan belakang demi pengereman yang maksimal serta keamanan berkendara. Untuk urusan stabilitas dan kenyamanan berkendara, digunakanlah suspensi Ohlins yang terkenal kualitasnya. Obay mengaku, kedua part tersebut sangat mendukung rutinitas hariannya dan saat touring ke luar kota.

“Saat digunakan untuk kecepatan tinggi hingga 140kpj, posisi riding saya cukup tenang dengan X-Max Bumble Bee ini, karena telah dengan sistem pengereman Brembo. Mulai dari tabung rem Brembo dan caliper Brembo. Ini cukup membantu dalam hal safety saat berakselerasi tinggi,” tutur Obay kepada tim BlackXperience.com.

Untuk menambah performa, mesin SOHC 249 cc standar Yamaha ini dipadukan dengan knalpot Leovince Titanium Series, yang menunjang akselerasi. Kemudian Obay pun menambahkan lima buah lampu tembak, untuk membantu penerangan kendaraan. Letaknya ada di bagian ini: satu di bagian ruang antara sparkbor depan dan front lamp, dua lampu dipasang di samping lampu sein, dan dua lainnya di bawah handgrip.

Karena tak mau tampil biasa, velg bawaan pabrik jua tak luput mendapatkan sentuhan yellow wet. Bahkan sektor kaki-kaki pun dibalut dengan ban Pirelli Diablo Scooter di bagian depan dan Pirelli Diablo Rossopa di bagian belakang. Agar senada dengan kelir kuning Bumblebee, pada bagian baut-baut digunakan merek pro bolt gold. Naik pada bagian stang, Obay memilih merek Rizoma  C 005 plus hand grip Rizoma. Agar tampil gagah, ia menggunakan spion milik Yamaha R25. Dan salah satu factor penting dalam mode elegant adalah menghadirkan desain jok kualitas premium. Dicky Custom Bandung pun dipercaya untuk menggarapnya.

Tak luput dari mata kita, Obay menambahkan karpet pada bagian dudukan alas kaki pengendara, untuk melindungi bagian yang telah dicat warna carbon. Obay mengakui pengerjaan modifikasinya berlangsung cukup lama, tiga pekan. Setelah menunggu waktu yang tak sebentar itu, Obay mengakui sangat bangga mengendari motor tersebut.“Saya selalu terkagum dengan pesona yellow wet dan karbon di beberapa bagian,” tutur Obay.

Yang jelas, Obay sangat puas dengan seluruh hasil modifikasi Yamaha X-Max. Hasilnya bagus, tanpa mengorbankan segi fungsi kendaraan itu sendiri. Sebut saja posisi riding yang nyaman dan stabilitas motor saat melahap tikungan tajam, tanjakan dan jalan berkelok. Ia mengaku sejumlah destinasi seperti Bandung, Wanayasa Purwakarta, Pangandaran dan Bali pernah ia kunjungi bersama rekan-rekan dari komunitas Big Max Indonesia.

Tak hanya itu, beberapa kontes modifikasi pun pernah ia ikuti, seperti kontes Custom Max Yamaha, 60th  Anniversary Yamaha, serta Black Modify  yang diselenggarakan Black Motor Community Jakarta Barat. Selain motornya jago touring, Bumblebee pun sering menyabet penghargaan bergengsi di kontes modifikasi fashion elegant. Tertarik mengikuti jejak Obay, BlackPals? Siapkan duit sebesar Rp 52 juta untuk merombak semuanya! [Ahs/timBX]

Spesifikasi Yamaha X-Max 2017 Bumble Bee

Suspensi belakang Ohlins

Caliper Brembo depan dan Belakang

Master Rem RCS 17 inci dan 14 inci belakang

Tabung Rem Brembo

Knalpot/Exhaust Leovince Titanium Series

Stang Rizoma C 005

Handgrip Rizoma

Ban Pirelli Diablo Scooter depan/ Diablo Rosso Blkg

Jok custom by Dicky Custom

Lampu Tembak Aftermarket

Velg Standar Finishing  Air Brush

Body Air Brush

Standar tengah dan samping Finishing Chrome

Spion Yamaha R25

Part Carbon Finishing Water Printing

Tags :

#
auto mods,
#
modifikasi,
#
yamaha,
#
x-max,
#
bumblebee,
#
obay cahya