MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Yamaha Scorpio Scrambler Merah Putih

JAN 05, 2017@16:19 WIB | 3,362 Views

Meski aliran scrambler lahir pertama kali di Inggris pada tahun 1920an, rupanya upaya Baru Motor Sport (BMS) mengkombinasikan warna merah dan putih, seperti melahirkan ikatan batin tersendiri antara Jepang dan Indonesia. Sebuah motor bergaya Scrambler dengan  basic mesin Yamaha Scorpio 225 cc cukup garang dengan tiga kombinasi warna dasar hitam, putih dan merah.

Disitulah keahlian sang modifikator Ariawan Wijaya mengkombinasikan style dan coloring menjadi satu nafas modifikasi. Modifikasi motor scrambler menyesuaikan nama dan fungsinya untuk jalur semi off-road, namun tetapi enjoy untuk jalanan beraspal.

Pengerjaan motor ini dimulai dengan melepas semua bawaan pabrikan dan meninggalkan rangka dasar. Bagian buritan sasis rupanya harus dipotong, menyesuaikan ukuran jok yang pendek. Untuk tangki dibuat ulang dengan menggunakan bahan dasar galvanis. Bagian tutup tangki digarap secara detail menyematkan nama custom concept industries yang memperkuat brand buatan BMS tersebut. 

Selain tampilan tangki yang menarik, bagian rumah headlamp yang sederhana dibuat dari plat besi.  Tak hanya itu, bagian penutup samping juga dibuat unik, dengan lubang kecil membentuk segitiga, dipadukan dengan warna merah dan putih. Bagian blok mesin diwarnai dengan hitam doff memberikan kesan macho.

Didukung dengan kaki-kaki yang menggunakan tire tracking dipadu dengan ban ber-grip besar.Suspensi depan mempertahankan milik Yamaha Scorpio dan bagian arm harus dibuat ulang dan memasang rear suspensi aftermarket Gazi.

Ketika kaki-kaki kuat, harus didukung dengan handling yang mumpuni. Sebuah stang rizoma fatbar memperkuat kuat karakter agar motor scrambler mudah bermanuver di medan sulit. Dipadukan dengan rear view mirror dibawah stang menambah kesan cukup menantang.

Leher knalpot dibuat membelok cenderung ke samping, tidak ke bawah. Leher bersambung dengan silencer  yang menonjok ke belakang. Posisi peletakan knalpot ke tengah memperkuat karakter scrambler.  Ditambahkan dengan sebuah plat berbahan karbon untuk pelindung kaki pengendara.

Bagian stop lamp menggunakan aftermarket dicengkeram dengan plat custom menyambung dengan tubuh spakbor belakang. Dikombinasikan  lampu sein belakang di bagian bawah rear suspense dan dibawah tangki untuk sein bagian depan.

Bagian terakhir yang di custom adalah jok. Berbahan plat dan sedikit busa ditutup dengan kulit hitam, pola jahitan berbentuk ketupat dengan warna benang putih, memberikan kesan detail yang maksimal. Seluruh pengerjaan ini membutuhkan durasi 1 bulan 15 hari. [Ahs/TimBx]

Spesifikasi:

Motor: Yamaha Scorpio 225 cc
Tema: Scrambler
Block aki kanan dan kiri, headlamp, tangki, tutup tangki, sasis belakang, jok, knalpot, arm, spakbor belakang, semua custom.
Stang: Rizoma fatbar
Suspensi depan: Yamaha Scorpio
Suspensi belakang: Gazi Damper Evolution
Velg: Champ ring 17
Ban: Swallow street enduro 120/80 ring 17 (depan)
         Swallow street enduro 140/70 ring 17 (belakang)
Rem depan: Yamaha Scorpio caliper Nissin