MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Yamaha R1, Naked Bike yang Lebih Sporty

DEC 31, 2019@12:00 WIB | 2,545 Views

Kehadiran naked bike lebih digemari di era sekarang, terlebih dunia modifikasi dan custom cukup bergairah, ditunjang dengan semakin banyak bengkel modifikasi yang menawarkan konsep modifikasi yang terbilang ekstrim, namun tetap menyandarkan sisi fungsional dan estetika sebagai dua hal yang cukup penting.

Kami memperkenalkan modifikasi motor naked bike, atau komunitas motor lebih banyak menyebutnya sebagai gen street fighter, karena secara desain telah menanggalkan seluruh fairing pabrikan, dan lebih menonjolkan sisi muscle dengan main frame yang dibiarkan terbuka, didukung dengan  mesin yang menonjol dan single seat dengan buritan yang lebih lancip meruncing. 

Penggunaan velg tapak lebar, arm dan suspensi moge adalah bagian pendukung lainnya, selain sektor lampu depan dan belakang yang dicustom agar lebih minimalis. Namun bila dilihat dari kapasitas pengendara yang hanya  satu orang,  mereka menyebutnya sebagai gen minor fighter atau gen satu tingkat dibawah street fighter. Dibawah alur modifikasi yang tetap dipertahankan, Yamaha R1 lansiran 2000 ini menjelma menjadi Yamaha  R1 Naked Bike, dibawah garapan Ariawan Wijaya dari bengkel Baru Motor Sport (BMS), Palmerah, Jakarta Barat.

Apa yang istimewa dari naked bike Yamaha R1 ini? Pertama kalau kita lihat adalah gaya tangki yang lebih futuristik. Meski menggunakan tangki bawaan, BMS tidak membiarkan begitu saja, tetap diberikan sentuhan shape body yang lebih kekar. “Tangki diperlebar, sehingga memiliki bentuk lebih ngeplak dengan main frame delta box. Yang ingin kita kejar, bentuk tangki lebih proporsional dengan desain naked bike. Ditambah cekungan yang lebih muscle, semuanya kami buat dari bahan plat tebal,” tutur Albantany, punggawa BMS.

Harmonisasi design menjadi cukup penting. Pasalnya, setelah fairing dilucuti, sektor paling kosong adalah under mesin. Maka, BMS menggantinya dengan undercowl berbahan plat, dengan baluran warna red candy yang match dengan tangki barunya.  Dengan undercowl, yang dibutuhkan adalah mengcover header knalpot agar lebih rapi. Lebih penting harmonisasi warna red candy dengan warna hitam serta beberapa cover berfinishing karbon Kevlar.

Selain side cover tangki, penggunaan carbon juga digunakan pada spakbor belakang, dan spakbor depan. “Kami berikan sentuhan karbon Kevlar untuk mempertajam gaya sporty dan kesan mewah moge besutan tahun 2000-an ini. Mungkin diantara sekian proses, yang belum kami selesaikan adalah cover untuk pendingin radiator, yang masih dalam proses,” aku Albantany.

Dengan mempertahankan swing arm, suspensi depan dan belakang milik R1, itu tidak mengurangi aura garangnya. Pasalnya, velg tapak lebar ini dikombinasikan dengan traksi ban Bridgestone Battlax S22 yang cukup napak di aspal jalanan. Bagian jok menggunakan kulit hitam dengan kontur stitching seperti potongan permata. “Kombinasi jok yang tipis dengan body buritan yang minimalis, dikemas bagaimana Yamaha R1ini tetap menjadi naked nan simply dan beraroma street fighter, berpadu stop lamp aftermarket nan minimalis,” jelasnya.

Sebelumnya, BMS telah memotong sub frame dan menggantinya dengan style yang lebih pendek. “Kami mempertahankan main frame dan membuat ulang sub frame sesuai kebutuhan. Kemudian kami bikin body baru, dilanjutkan dengan jok baru, serta tangki yang sudah direbuilt. Dengan lampu depan daymaker, dan gaya stang fatbar yang menjadi ciri khas aliran street fighter,” ujarnya.

Alban yang sudah menggunakan Yamaha R1 modifikasi BMS ini mengakui adanya perubahan handling yang cukup ringan. “Setelah dirubah menggunakan stang fat bar, cukup nyaman, saat masih menggunakan stang underyok. Dengan stang fatbar motor ini jauh lebih nyaman bermanuver meski di jalanan ibu kota,” tuturnya.

Pilihan red candy dan finishing carbon cukup membuat tampilan lebih eye catching, dan permintaan customer yang cukup simple membuat modifikasi dipercayakan secara penuh kepada BMS. Modifikasi yang ditawarkan terbilang ciamik ini, terlihat lebih fresh dan cocok untuk nongkrong buat pecinta moge di ibu kota.

“Sudah sering kita lihat, moge berkeliaran di ibu kota, namun bagaimana membawa image tersendiri terhadap pecinta moge, Yamaha R1 Red Candy jauh lebih sporty, dan itu didukung dengan silencer dari Akrapovic versi MotoGP yang jauh lebih adem suaranya,” cetusnya.

”Yamaha R1 naked bike tentu lebih eye catching, tidak lagi standar, dengan tampilan lebih beda, dan mendukung lifestyle Anda penggila roda,” tutup Albantany dari Baru Motor Sport (BMS) yang berlokasi di jalan Palmerah Barat no25A Tanah Abang Jakarta Pusat.[Ahs/timBX]

Spesifikasi Yamaha R1 2000

  • Tachometer Aftermarket 
  • Spion Rizoma
  • Master Ram Nissin ER Six
  • Spakbor depan custom karbon kevlar Kabon
  • Stang dan Riser protaper
  • Undercowl plat custom
  • Tangki custom
  • Rear body plat custom
  • Sein jalu aftermarket 
  • Ban Bridstone battlax S22
  • Velg Stok R1
  • Header custom underbelly
  • Silencer Akrapovic MotoGP
  • Daymaker front lamp aftermarket 
  • Stoplamp aftermarket R6
  • Cover Radiator Carbon Kevlar on Progress
  •  

Tags :

#
modifikasi,
#
yamaha r1,
#
naked bike,
#
street fighter,
#
minor fighter,
#
baru motor sport